Mozzarella Sticks, nikmatnya ngemil keju

resep mozzarella goreng,  olahan mozzarella, keju gorengSiapa yang bisa menolak kenikmatan mozzarella sticks ini. Yang jelas pasti bukan saya hehe.. Sejak pertama kali mencicip nikmatnya mozzarella sticks di B*rger K*ng yang berada di bandara KLIA beberapa tahun lalu saya langsung jatuh cinta. Sensasi mulur-mulur nya mozzarella ketika digigit dan rasanya yang gurih asin dicampur dengan crunchy -nya tepung roti ah.. saya sendiri bisa menghabiskan 3-4 potong yang montok-montok itu haha.. banyak ya?

resep mozzarella goreng,  olahan mozzarella, keju gorengOh ya, untuk mendapatkan keju mozzarella murah, lebih baik beli di TBK bukan di supermarket. Beberapa kali saya pernah membeli di supermarket merek Greenfield atau green apa gitu kalau tidak salah harganya 43rb-an untuk 250 gr saja. Saya pernah mencoba produk lokal milik salah satu member NCC melalui facebook, ukuran 250gr harganya 25.000,- (harga tahun lalu ya). Kemudian saya mencoba juga  di salah satu TBK online langganan saya, merek Saputo (produk Argentina), harga 50.000 untuk 500 gr. Tekstur dan rasa menurut lidah saya sih lebih cocok yang merek Saputo ini.

imageResep mozzarella sticks ini saya adaptasi dari laurainthekitchen.com disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Karena tidak ada heavy cream, saya ganti menggunakan susu. Dan saya juga hanya menggunakan kurang lebih 100gr keju yang saya potong memanjang ukuran 8-9 cm. Menghasilkan 8 potong keju. Sebelum menuju ke resep, siapkan 3 wadah untuk telur, tepung terigu dan tepung roti.  Oh ya, dan teknik pelapisannya harus di dobel  ya agar tidak bocor kejunya.

Mozzarella Sticks adaptasi dari laurainthekitchen.com 

Bahan-bahan: 

  • 100 gr keju mozzarella, potong memanjang sesuai selera. Untuk jumlah keju bisa disesuaikan ya
  • 1 cup tepung roti/panir (untuk mengetahui konversi takaran cup ke gram dapat dilihat disini)
  • 1/2 cup tepung terigu
  • 1/4 cup susu cair
  • 1/4 cup parmesan parut
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garlic powder (bawang putih bubuk)
  • 1/2 sdt mix herbs/daun thyme kering
  • merica secukupnya
  • garam sedikiiit

http://www.laurainthekitchen.com/recipes/mozzarella-sticks/

Cara membuat: 

  1. Dalam satu wadah campur tepung panir, parmesan, garlic powder, mix herbs/thyme, merica dan garam sedikit saja. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  2. Dalam wadah kedua pecahkan 2 butir telur, susu cair dan  tambahkan garam dan merica sedikit saja. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  3. Dalam wadah ketiga masukkan tepung terigu.
  4. Saatnya kita mulai melapisi mozzarella nya. Gunakan salah satu tangan sebagai tangan kering dan tangan lainnya tangan basah.
  5. Masukkan satu potong mozzarella ke dalam tepung terigu, balur dengan tepung hingga merata.
  6. Masukkan ke dalam campuran telur, celup hingga seluruh bagian terkena campuran telur.
  7. Masukkan  ke dalam campuran tepung roti, balur tekan agar menempel dan tidak ada lagi permukaan yang belum tertempel tepung roti. Cemplungkan lagi ke campuran telur dan sekali lagi masukkan ke tepung roti untuk pelapisan dobel agar mozzarella tidak bocor. Selalu tekan-tekan agar tepung roti menempel kuat di kejunya.
  8. Setelah semua terlapisi, masukkan ke dalam freezer kurang lebih selama 2 jam agar pelapisan lebih sempurna dan tidak banyak yang terlepas saat digoreng.
  9. Selanjutnya kita akan menggoreng mozzarella ini dengan teknik deep fry, atau menggoreng dengan minyak banyak agar mozzarella stick ini terendam dalam minyak seluruhnya.
  10. Setelah minyak panas, goreng selama 3 menit. Hati-hati awasi terus jangan sampai bocor soalnya kalau bocoro meleber kemana-mana hehe..
  11. Setelah 3 menit dan gorengan sudah berwarna coklat keemasan, maka mozzarella sticks yang mulur-mulur ini siap untuk disantap!

http://www.laurainthekitchen.com/recipes/mozzarella-sticks/Bon appetit! Selamat mencoba.

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

21 thoughts on “Mozzarella Sticks, nikmatnya ngemil keju

  • May 11, 2015 at 6:03 pm
    Permalink

    Mbak.. untuk mix herbs dan parmesannya bisa di beli dimana ya?

    Reply
    • May 12, 2015 at 9:24 am
      Permalink

      Hai Mbak Devy, mix herbs itu banyak di supermarket besar. Biasanya toples/wadah plastik gitu. Harganya juga tidak terlalu mahal. Untuk parmesan di supermarket juga ada tapi biasanya mahaal.. Saya beli di toko bahan kue mbak, biasanya lebih murah. Atau bisa googling saja banyak penjual online terpercaya.

      Reply
  • May 12, 2015 at 10:13 am
    Permalink

    Makasih mbak Lily atas infonya. Anyway biasanya mbak sendiri beli di toko online mana ya? Boleh minta rekomendasinya? Thanks

    Reply
  • Pingback: Arancini, kebahagiaan dalam satu gigitan! | cookingasyik

    • December 3, 2015 at 9:52 am
      Permalink

      Hai Mbak Ame, sorry baru balas nih. Kalau mix herbs itu banyak bertebaran di rak bumbu-bumbu supermarket besar. Biasanya botol plastik kecil gitu. Kalau parmesan saya order ke penjualnya yang jualan di facebook. Nanti aku inbox ya.

      Reply
      • December 18, 2015 at 8:51 pm
        Permalink

        Salam kenal mba lily. Aku jg mau donk mba rekomendasinya utk yg keju moza sm permesannya

  • December 24, 2015 at 8:43 pm
    Permalink

    Salam kenal mbak lily..baru pernah buka webnya mbak nih, resepnya simpel2 tapi bikin ngiler berat..

    Reply
    • January 28, 2016 at 11:53 am
      Permalink

      Hai Mbak Ella.. salam kenal jua. Asyiiiik…. senengnya. Selamat ngubek-ngubek ya. Kalau udah eksekusi, sharing doong

      Reply
    • February 4, 2016 at 11:32 am
      Permalink

      Aku beli lewat facebook mbak, search saja Toko Bahan Kue Sukasari atau Toko Sukasari

      Reply
  • January 30, 2016 at 5:14 pm
    Permalink

    Mba bisa minta no HP atau email TBKnya? FB dia gak bisa add friend lagi, dan gak bisa inbox. Ohy kejunya apakah halal?

    Reply
    • February 4, 2016 at 11:34 am
      Permalink

      Saya tidak punya email atau hp nya. Bisa search saja di facebook Toko Bahan Kue Sukasari atau Toko Sukasari. Thanks

      Reply
  • April 8, 2016 at 12:28 am
    Permalink

    Disupermarket kota saya nemunya merk Gre*nfield yang parut doang dan udah terlanjur beli. Bagusnya diapain ya untuk dijual ke mahasiswa? Pengen dipake disausage roll tapi ntar jatuhnya kemahalan untuk kocek mahasiswa. Maunya dibuat mozzarella balls atau sticks tp bingung kan bentuknya parut. Mungkin mbak punya ide? 🙂

    Reply
  • July 28, 2016 at 7:58 pm
    Permalink

    Mbak boleh minta contact personnya? Aku mau nawarin untuk pengisi bazar makanan khas australia, boleh? Terimakasih

    Reply

Leave a Reply