Resep Roti Kopi Kismis Menggunakan Bread Machine ReBread

Nikmatnya membuat roti hanya dengan satu jari!

Setelah maju-mundur cantik ingin memiliki bread maker/machine akhirnya kesampaian juga. Hmm tampaknya lama juga ya lebih dari 3 tahunan deh. Waktu itu keinginan ini kalah dengan mixer heavy duty yang ganteng kesayangan saya Bosch. Dengan mixer ini kegiatan membuat roti menyenangkan. Menguleni dibantu mixer tapi masih ada adegan mengulen sendiri. Tapi kegiatan mengulen itu adalah favorit saya… wangi ragi dan perubahan tekstur adonan roti juga menjadi keasyikan tersendiri. Naah … keinginan memiliki bread machine menguat dengan dalih saya ingin menyajikan homemade bread untuk Ikay, anak saya. Ah… biasa ibu-ibu selalu mencari alasan untuk berbelanja.

Akhirnya hasil brosing sana sini dan berkali-kali nanya ke Winda adik saya yang memiliki bread machine Kenwood (aiih mahaal), saya memutuskan memilih mesin merek ReBread. Karena harganya ekonomis dan fiturnya banyak. Bisa untuk memanggang kacang-kacangan, membuat yogurt, selai dan bubur. Niat saya sih ingin mencoba semua fiturnya. Kemudian, apa kabar mixer saya? Pertanyaan sama keluar dari mulut suami tercinta yang kadang julit haha… Si ganteng Bosch saya simpan di kardusnya dan sementara saya letakkan di gudang. Jika ingin digunakan untuk membuat cake misalnya, tinggal dikeluarkan. Begitu jawaban saya. Hahaha ..

Roti kopi kismis yang harum menggoda

Oke kembali ke bread machine ini, so far saya baru gunakan untuk membuat roti tawar, roti sobek (tapi memanggang di machine itu bukan di oven, hasilnya gendats kayak saya) dan swirl loaf. Rencana sih ingin buat roti unyil, tapi masih kalah sama malesnya mbentuk-mbentuk dan mengantri memanggang di oven mungil saya hehe.

Resep Roti Kopi Kismis ini saya adaptasi dari resep roti tawar di buku resep bawaanya, hanya saya ganti penggunaan air dengan susu cair. Saya tambah takaran gula, saya tambah kopi dan coklat, saya ganti margarin dengan unsalted butter. Saya gunakan timbangan digital dan sendok takar bawaannya juga. Hasilnya hmmmm… serumah wangi kopi ketika cover mesin saya buka. Namanya juga hasil dari mesin ya, rotinya empuk menul-menul dan sensasi kopi dan kismisnya membuat roti ini istimewa.

Resep dan cara selengkapnya dapat dilihat di youtube channel Cooking Asyik. Boleh like dan subscribe ya hehe. Jika berkenan input atau request video tutorial lainnya silakan tulis di kolom komen youtube nya ya.

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

4 thoughts on “Resep Roti Kopi Kismis Menggunakan Bread Machine ReBread

  • December 20, 2017 at 6:31 am
    Permalink

    Mom, salam kenal. Aku suka juga liat videonya cookingasyik di youtube. Mau tanya, Rebread ini bisa masuk tepung brp gram, 1kg gmn? Lagi bingung nih beli rebread ato bread master hehe

    Reply
    • December 20, 2017 at 7:05 am
      Permalink

      Hai mbak Naya, waah makasih ya sudah ngintip2 cookingasyik. Kalau dari panduannya ReBread ini bisa menghasilkan roti 3 ukuran 500gr, 750gr dan 1000gr. Kalo dilihat dr resepnya, bisa sampe 500gr tepung terigu mbak. Semoga membantu kegalauannya.

      Reply
      • December 20, 2017 at 8:42 am
        Permalink

        Oh noted. Maksimal 500gr brarti ya? Apa pernah pakai resep yg tepungnya 750gr? Soalnya kalo bread master, temen bilang bisa cuman jadi lambat/lebih lama aja jadinya

      • December 20, 2017 at 10:51 pm
        Permalink

        Ngintip2 di buku resep bawaannya kayanya gak nemu sih resep yg tepung 750gr. Kalo dipaksain bisa kayanya sih, cuman nanti bakal kegencet pas ngembangnya hihi…

Leave a Reply