Resep Muffin Tape Keju, anti gagal pastinya!

Resep untuk Pemula

Perjalanan saya dimulai dengan resep muffin. Untuk menaklukkan muffin yang super gampang -tinggal cemplung tanpa mixer- pun saya sampai membuat 3 edisi haha. Rasa penasaran dan kengototan saya untuk menguasai resep itu ternyata  diam-diam menuntun saya pada passion saya sesungguhnya. Ah jadi ingat masa-masa awal saya menulis di sini, saat saya baru ngeh bahwa baking soda itu berbeda dengan baking powder! Haha.. what a journey, ingin melihat cupunya saya? Sila kunjungi link berikut Triple Cocho Muffin Kukus #edisi 1-3.

Sejak berhasil membuat muffin, dan ternyata enak (!) saya selalu mengandalkannya menjadi kudapan favorit sepanjang masa. Disamping cara membuatnya yang super simpel: bahan kering campur bahan basah, aduk rata saja, masukkan ke wadah/loyang udah deh.. tinggal mau dipanggang atau kukus. Anti gagal pastinya! Oh iya, satu lagi saya dan keluarga penyuka pisang, seringkali ada saat-saat pisang sudah terlalu matang yang kurang sedap kalau dimakan langsung… naah itu adalah pisang yang sempurna untuk dibuat muffin atau  banana bread.

Oh iya, tips untuk membuat muffin agar tidak bantat adalah jangan over mix apalagi over acting haha.., maksudnya adalah aduk cukup hingga tercampur rata kalau masih ada sedikit terigu yang belum tercampur tak apa, nanti juga nyampur sendiri saat dipanggang/dikukus.

Resep Muffin Tape Singkong Keju, anti gagal pastinya!

Akhir-akhir ini saya suka beli tape singkong madu made in Jawa Timur, rasanya manis di bibir memutar kata malah kau tuduh akulah penyebabnya eeeh… dan lebih berair dibandingkan peyeum Bandung. Selain enak dicemil langsung, paling sering sih saya goreng campur keju, setelah coba dibuat cake kali ini saya coba untuk dibuat muffin. Tantangannya mencampur bahan padat pada resep adalah agar mengembang sempurna, untuk itu dibutuhkan telur yang lebih banyak dibanding resep-resep muffin saya sebelumnya. Mari menuju ke resep berikut.

Bahan-bahan:

  • 250gr tepung terigu serba guna
  • 200gr tape singkong, buang seratnya dan haluskan
  • 3 butir telur
  • 150gr gula pasir (bisa sesuaikan dengan selera)
  • 150ml susu cair
  • 50gr unsalted butter (atau bisa gunakan margarin)
  • 50gr minyak sayur
  • 100gr keju cheddar, parut (gunakan sebagian untuk campuran dan sebagian untuk taburan)
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanilla extract (optional)

Cara membuatnya bisa disimak di video berikut.

Untuk melihat resep muffin lainnya bisa disimak di Banana Choco Chunks Muffin Pengobat Rindu, Buttermilk Cheese Muffin, Ciamik dah!, Banana Choco Muffin, Sempurna! atau resep olahan tape lainnya di Cake Tape Almond Keju dan Resep Tape Goreng Keju.

Selamat mencoba semoga bermanfaat!

 

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

Leave a Reply