Membuat Caramel Popcorn Sendiri

image

Bagi saya godaan popcorn caramel ini paling susah ditolak. Apalagi sambil nonton film kesayangan di bioskop. Diantara dua jaringan besar bioskop di Indonesia, saya lebih menyukai rasa popcorn caramel  di jaringan bioskop yang lebih muda. Coveringnya lebih full, dan rasanya lebih ringan, lembut dan tidak terlalu lengket. Bertekad untuk dapat membuat sendiri dengan rasa yang yaah paling tidak mendekatinya, maka kali ini saya akan berpetualang mencoba dari satu resep ke resep lainnya dari satu eksekusi ke eksekusi selanjutnya untuk menemukan yang paling cocok dengan lidah saya. Dan inilah eksekusi pertama.

imageBeberapa minggu lalu saya menemukan beberapa video tutorial pembuatan popcorn caramel ini. Rata-rata resep bule untuk bahan caramel nya menggunakan mentega, brown sugar, corn syrup, garam, vanilla extract. Beberapa ada yang mencampur gula pasir dan brown sugar. Ada juga yang menambahkan baking soda setelah adonan diangkat dari kompor. Tampaknya kegunaan baking soda untuk membuat lapisan karamel menjadi lebih lembut sehingga tidak akan terlalu keras ketika kita menggigitnya. Namun untuk resep kali ini, saya tidak menggunakan resep-resep yang telah saya brosing sebelumnya. Saya menggunakan resep dari status akun facebook Mamak Haji yang disharing oleh saudara saya di Malaysia.

image

Resep Mamak Haji ini simpel, dan sesuai dengan bahan-bahan yang saya miliki di dapur saat ini. Hehe.. untuk corn syrup dan brown sugar nya masih dalam proses order di online shopping haha.

Menurut saya, hasilnya tidak mengecewakan meski masih belum sesuai dengan harapan saya. Namun cukuplah menemani saya dan suami menonton Kon-TIki film tentang ekspedisi Thor Heyerdahl menjadi lebih seru. Yang membahagiakan saya adalah ternyata membuat caramel popcorn itu mudah!

image

Sebelum kita menuju resep, beberapa peralatan yang diperlukan: 1 panci besar untuk memasak popcorn. Panci anti lengket untuk memasak caramel. Panci untuk mengaduk, bisa juga menggunakan panci yang untuk memasak seperti saya, setelah kita buang dahulu jagung-jagung yang gagal meletup. Satu tray yang di alas aluminium foil/kertas roti. Saya hanya menggelar kertas roti di permukaan meja. Ok, setelah semua peralatan lengkap, mari kita langsung menuju ke resep!

CARAMEL POPCORN – resep dari Mamak Haji 

Bahan pocorn: 

  • 1/2 cup jagung popcorn
  • 1/4 cup minyak sayur

Bahan caramel: 

  • 1 cup gula pasir
  • 125 gr unsalted butter 
  • 1/4 sdt garam (resep asli tidak ada)

Cara membuat popcorn: 

  • Siapkan panci di atas kompor dengan api sedang.
  • Tuang minyak dan biarkan hingga panas. Untuk mengetesnya bisa masukkan satu dua jagung jika meletup maka minyak sudah siap.
  • Masukkan jagung dan segera tutup pancinya.
  • Goyang-goyangkan panci agar panasnya merata dan hasilnya tidak gosong.
  • Jika sudah berhenti meletup, maka popcorn sudah jadi.
  • Tuang ke dalam wadah dan buang sisa-sisa jagung yang gagal move on hehe.. Sisihkan.

Cara membuat caramel: 

  • Dalam panci anti lengket masukkan mentega, gula pasir dan garam. Gunakan api sedang.
  • Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula.
  • Diamkan hingga mendidih, jangan diaduk! Masak hingga berwarna coklat keemasan atau maksimal 10 menit. Jangan lebih, karena caramel bisa gosong dan terasa pahit.
  • Setelah matang, angkat dan segera tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar.

image
image

  • Aduk-aduk hingga merata. Acara aduk-mengaduk ini harus dilakukan dengan cepat ya, karena begitu dingin maka caramel akan mengeras.
  • Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.

image

Setelah dingin, gerombolan-gerombolan popcorn itu kita pisah-pisahkan dengan tangan. Dan caramel popcorn pun siap untuk dinikmati. Jangan lupa simpan di wadah kedap udara jika masih tersisa (semoga). Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Bon Apettit!

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

30 thoughts on “Membuat Caramel Popcorn Sendiri

Leave a Reply