Membuat Caramel Popcorn Sendiri – resep ketiga

 

membuat pop corn caramel enak mudahEdisi selanjutnya dari petualangan caramel popcorn. Resep ketiga yang saya coba dalam pencarian rasa yang paling pas dengan lidah saya. Kali ini saya mengambil dari resepnya allrecipes yang hampir sama dengan semua resep bule menggunakan brown sugar dan corn syrup. Rupanya mencari corn syrup yang semula saya sangka susah ternyata mudah, bahkan di supermarket pun nangkring dengan manisnya. Yang justru menjadi pe-er adalah mencari brown sugar. Iya.. the real brown sugar, karena rupanya saya selama ini salah mengira brown sugar dan palm sugar itu sama. Apakah Anda juga mengira demikian? Yuk, kita belajar dulu apa bedanya masing-masing.

membuat caramel popcorn mudah dan enak menggunakan brown sugarBrown Sugar berbahan dasar tebu alias gula pasir (cane sugar) yang diberi molasses sehingga berwarna kecoklatan. Molasses adalah hasil samping dari pengolahan gula dari tebu atau bit. Berupa sirup kental yang berwarna kecoklatan, yang dipisahkan dari tebu atau bit sehingga dapat menjadi gula pasir/bit yang berwarna putih. Molase dalam bahasa Indonesianya, namun juga dikenal sebagai tetes tebu kaya mineral namun ber-protein rendah. Jika kita sering ngintip-ngintip resep-resep import, seringkali ditemukan penggunaan molase namun biasanya bisa digantikan dengan madu meskipun rasa nya akan sedikit berbeda. Gelap/terangnya warna brown sugar tergantung dengan banyak/sedikitnya molase yang dicampurkan.

membuat caramel pop corn enak dan mudahSelanjutnya, palm sugar/palm suiker atau kadang juga dikenal dengan gula semut. Adalah gula hasil olahan dari jenis palem-paleman atau nira/aren. Nah, sekarang sudah tahu kan bedanya. Tentunya rasanya akan berbeda karena keduanya juga berasal dari bahan yang berbeda.

Yang menyebalkan adalah, jika mencari brown sugar di supermarket yang ketemu adalah palm sugar yang diberi judul brown sugar. Kadang malah brown sugar/gula semut. Rupanya terjadi salah kaprah di Indonesia barangkali karena semuanya penampakannya mirip, jadi namanya bisa brown sugar atau palm sugar meskipun sebetulnya mengacu ke gula aren/palm sugar. Dan perjuangan saya belum berakhir, ketika saya memesan brown sugar ke beberapa toko bahan kue langganan ndilalah semuanya lagi kosong. Akhirnya saya menemukan di supermarket judulnya palm sugar namun saya baca ingredients-nya terdiri dari sugar cane & palm sugar. Okelah.. paling tidak ini yang mendekati.

imageBerbekal pengalaman beberapa kali kemarin membuat popcorn, bisa dilihat di artikel Membuat Caramel Popcorn Sendiri dan Membuat Caramel Popcorn Sendiri – resep kedua, saya menggunakan kompisisi takaran yang sesuai dengan takaran saya. Resep saya ambil dari allrecipies dengan penyesuaian sebagai berikut:

untuk mengetahui konversi cup dapat dilihat disini

Bahan Popcorn:

  • 1/2 cup jagung popcorn
  • 1/4 minyak sayur

Bahan Caramel:

  • 125 gr unsalted butter/margarin
  • 1 cup brown sugar
  • 1/2 cup corn syrup (1/4 cup rasanya sudah cukup jika tidak suka terlalu manis/lengket)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1 sdt vanilla extract (atau 1/2 sdt vanilla powder) – boleh di skip

resep membuat caramel popcorn mudah dan enak dengan corn syrup dan brown sugar Cara membuat popcorn:

  1. Panaskan minyak dalam panci yang dalam/tinggi, untuk mengetes sudah panas/belum dengan meletupkan satu-dua jagung popcorn dahulu.
  2. Masukkan jagung, tutup. Goyang/putar panci agar popcorn tidak hangus dan panasnya merata.
  3. Setelah matang, pisahkan popcorn gagalnya dan sisihkan.

Cara membuat caramel:

  1. Panaskan oven dengan suhu 120’C.
  2. Dengan api kecil, panaskan butter sampai meleleh.
  3. Masukkan brown sugar, aduk hingga merata
  4. Masukkan corn syrup, aduk terus hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, diamkan kurang lebih 4 menit tanpa diaduk.
  6. Matikan kompor. Tuang vanili extract (optional) dan baking soda.
  7. Aduk hingga berbuih dan merata.
  8. Tuang caramel ke dalam panci popcorn. Oh ya, agar karamelnya tidak lengket ke wadah sebaiknya oles dulu dengan minyak sebagai pelumas. Namun saya menggunakan panci untuk meletupkan popcorn jadi tidak perlu saya oles minyak karena sudah berminyak. Aduk hingga seluruh popcorn terselimuti caramel.
  9. Setelah semua ter-cover rata, tuang ke dalam dua buah loyang. Dan panggang selama 45-60 menit dengan suhu 120’C. Setiap 15 menit aduk-aduk popcorn, agar panasnya merata.
  10. Setelah dipanggang, tuang ke dalam meja/loyang besar yang telah dialas kertas roti untuk dikeringkan.
  11. Setelah diangin-anginkan kurang lebih 20-30 menit maka popcorn akan kering dan kita dapat memisahkan masing-masing butirannya untuk kemudian disimpan dalam wadah/toples.

Saya sempat mencoba membuat dengan jenis popcorn mushroom. Yang bentuknya bulat-bulat besar macam popcorn kondang Garret dari Singapore itu. Rupanya saya baru tahu, bahwa di pasaran ada 2 jenis popcorn. Yang pertama yang biasa kita beli di supermarket itu jenis butterfly dan si mushroom yang bulet-bulet montok ini. Memang lebih mantap ya makannya karena besar-besar hehe..

So, setelah mengeksekusi 3 resep ini saya lebih menyukai resep kedua yang memakai whipcream. Rasanya light, caramelnya tidak lengket. Rasanya mirip dengan yang di bioskop Bl*tz. Sedangkan yang resep ketiga lebih mirip dengan yang di bioskop satunya. Mana pilihan Anda? The choice is yours!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Bon Appetit!

Resep membuat caramel popcorn mudah enak sendiri

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

5 thoughts on “Membuat Caramel Popcorn Sendiri – resep ketiga

Leave a Reply