Resep Tiramisu Super Mudah dan Endesss

20140223-191250.jpgAkhirnya posting juga tentang penaklukan tiramisu ini hehehe. 3 minggu lalu aku berhasil buat tiramisu yang super endes dan mudah.

Hasil dari brosing sana sini, beberapa resep tiramisu ada pake ngocok telur di atas tim lah, yang kayanya ribet buat aku. Masalahnya kabel mixer jauh ama kompor hahaha..

Akhirnya aku nemu di youtube resep super mudah untuk Tiramisu. Tanpa telur, tanpa rhum ya karena mengandung alkohol.

Bahan-bahan:
1. Lady Finger 1 wadah atau disesuaikan (aku beli di Titan Kelapa Gading 24/34rb kalo gak salah, pernah liat di LotteMart Kuningan City mahaaal banget)
2. Mascarpone 1 wadah kalau gak salah 250gr (aku beli 60rb-an, ternyata buat sendiri pun mudah lho baru nemu caranya belum pernah praktek hehe)
3.Whipcream/cooking cream 200 ml alias 1 bungkus kecil (aku pake cooking cream karena ada stoknya itu)
4.Icing sugar/gula halus secukupnya (aku pake icing sugar)
5.Kopi apa saja sesuai selera (lebih enak espresso)
6.Coklat bubuk untuk taburan

20140223-192013.jpg

20140223-192845.jpg

Caranya:
1. Seduh kopi dengan air panas, jika ingin agak manis bisa ditambah dengan gula. Diamkan hingga hangat dalam mangkok/wadah yang muat untuk mencelup lady finger.
2. Kocok cooking cream dengan gula. Masukkan gula sedikit demi sedikit, jika sudah mendapatkan rasa manis yang pas sesuai selera bisa dihentikan. Kocok hingga mengembang dan agak kaku.
3. Matikan mixer, masukkan Mascarpone menggunakan spatula saja. Aduk hingga merata.
4. Saatnya menyusun lady finger! Celupkan lady finger ke wadah yang berisi kopi, jangan terlalu lama agar lady fingernya tidak hancur. Cukup untuk membasahi sampai merata. Tata dalam pinggan/wadah di dasar, kemudian di atasnya dilapisi krim kemudian atasnya lady finger lagi, lapisi lagi. Begitu seterusnya hingg 3 atau 4 layer tergantung tinggi pinggannya.
5. Tutup lapisan paling atas dengan krim, dan taburkan bubuk coklat.

20140223-195905.jpg

20140223-195951.jpg
6. Dinginkan di kulkas 3-4 jam, dan tiramisu siap disantap :)) Kalau aku, karena bikinnya malam2 dan selesai tengah malam, baru besok paginya aku makan endesssss

Dan tiramisu sepinggan itu bertahan 3 hari dimakan kami berdua (aku dan suami) puasssss banget hehe.

Komen suami: enaak. Yeeey!!

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

19 thoughts on “Resep Tiramisu Super Mudah dan Endesss

  • Jadi kepingin buat!!!!!!!!!!!!

    Reply
  • Heii ladyfinger bisa diganti yg lain gak sih?

    Reply
    • Hai Din. Ladyfinger bisa diganti dengan sponge cake. Kalau malas membuat sponge cake nya bisa beli yang murmer yang biasa ada di supermarket hehe..seperti saya kalau lagi malas. Semoga membantu ya..

      Reply
      • Mau tanya, Kocok cooking creamnya harus dingin ga? Soalnya takut pecah.

      • Hai Mbak Fitri. Iya mbak, kocok cream harus dalam keadaan dingin (habis keluar kulkas) dan kalau mau wadahnya 15-30 jam sebelumnya bisa disimpan dulu di kulkas jadi nanti saat pengocokan juga dingin. Jangan terlalu lama juga ngocoknya nanti pecah.

    • Hai Hani Bani (romantis banget namanya hehe) icing sugar itu gula bubuk/gula halus. Biasanya buat topping donat/produk pastry lainnya. Kelebihannya dibanding gula halus lebih lama mencair nya. Banyak kok di supermarket besar biasanya di rak-rak bahan kue gitu ada tulisannya icing sugar.

      Semoga membantu ya

      Reply
  • mbk,,mascarpone tu sjenis ap y?bs dignti dgn bhan lain gk?mksih ats pnjlsny

    Reply
    • Hai Mbak Dina. Menurut wikipedia, Mascarpone adalah keju segar dari Italia yang dibuat dengan menggunakan krim dari susu sapi. Karena pembuatannya menggunakan krim, maka keju ini termasuk ke dalam jenis keju krim. Keju Mascarpone berwarna putih atau kuning serta memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.

      Nah, mascarpone itu adalah ingredient yang HARUS ada saat pembuatan tiramisu. Karena memang khas sekali rasanya, dan tiramisu identik dengan mascarpone. Jadi, jika digantikan dengan cream cheese lain kemungkinan bisa saja tapi rasanya akan berbeda dan namanya bukan tiramisu. Hehehe… Semoga membantu ya Mbak

      Reply
  • Mascorpone di jual di mna ya mbak?

    Reply
    • Hai Mbak Dedeww.. Mascarpone biasanya dijual di supermarket besar di bagian chiller (temen2nya susu, yogurt, keju dll) atau di toko bahan kue juga biasanya ada.

      Reply
  • Pingback:

  • Wouwww,,,buat yang gak bisa masak kayak aku, mumet duluan baca resepnya.

    Reply
    • Hehe… nanti biar gak mumet saya buatkan video tutorialnya saja ya. Thanks sudah mampir

      Reply
  • seneng bgt nemu blog ini,,, jd semangat eksekusi tiramisu lg ??
    pernah buat tiramisu, tp creamnya rasanya asem, pdhal bahan” exp masih luama,,,
    dan waktu itu sya mixer mascarpone lumayan lama, whip cream nya jga dmixer sampe berair krna suhunya kurang dingin,,,

    apa itu ya yg bikin cream nya jadi terasa asam ?

    Reply
    • Hai Mbak Mida. Yuuuk semangat!!! Hehehe … Bisa jadi mbak, kalau sudah pecah karena terlalu lama di mixer. Pelan-pelan aja pake perasaan mbak hihi. Semoga berhasil ya kali ini, sharing-sharing ceritanya ya. Happy baking!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *