Banana Choco Chunks Muffin – pengobat rindu!

banana muffin, banana chocochips muffin, resep muffin mudah, resep serba pisang, bolu pisang coklat

Ah rindu sekali rasanya setelah hampir dua bulan cookingasyik sibuk touch up agar lebih cantik dan makin ciamik. Oh iya sebelum lupa, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan Minal Aidin wal Faidzin. Maafkan saya jika ada salah-salah ketik takaran resep sehingga menyesatkan, atau ketinggalan bahan yang sudah disebutkan tapi ketika cara memasak kok si dianya tidak ikut dimasukkan sehingga membuat Anda harus meluangkan waktu untuk berpikir. Pasti jengkel dan ingin cubit-cubit saya atau ingin melempar mixer beserta adonannya sekalian ke saya?

Jika ada nama beberapa teman yang saya sebut di sini tanpa saya berikan royalti, selain hasil eksperimen di dapur yang terkadang hmm… mengenaskan. Dengan tulus saya meminta maaf. Menurut salah seorang teman kantor saya -sebut saja Bunga- semakin mahir saya di dapur semakin jarang saya membawa masakan ke kantor. Hiks.. kejam sekali kan teman saya itu? Yasudah tidak apa, saya maafkan segala kesalahannya semoga teman-teman saya juga memaafkan saya.

Mengapa saya sebut pengobat rindu? Karena ini adalah posting pertama sebagai pengobat rindu setelah sekian lama tidak mengudara tsah..emang RRI hehe. Dan juga, semua property yang saya gunakan di foto-foto ini adalah hasil hunting di Magelang dan Tasik tujuan kami mudik lebaran kemarin. Artinya setelah mengobati rindu kepada sanak saudara di saat lebaran, kemudian saya brosing di gudang, halaman sekedar mencari panci, gelas, piring dan perkakas dari kaleng dari masa lampau. Haha..  Bahkan saya mengambil daun jendela lapuk yang sudah teronggok di halaman bulik saya yang akan saya gunakan sebagai alas foto. Hehehe.. maklum lagi seneng-senengnya ngumpulin property untuk foto. Tapi saya juga masih beradab, beberapa saya beli legal dari penjual yang legal juga. Seperti gerabah, tampah, cething dan beberapa wadah lainnya dari kerajinan bambu. Nanti pada saatnya hasil buruan saya akan mejeng juga.

banana muffin, banana chocochips muffin, resep muffin mudah, resep serba pisang, bolu pisang coklat

Resep yang akan saya share ini adalah resep penyelamat saat Anda memiliki pisang yang sudah terlalu matang. Dimakan sudah gak doyan karena terlalu lembek, dibuang sayang. Sejak saya suka baking, saya tidak pernah lagi membuang pisang bonyok. Karena semakin matang pisang yang digunakan semakin wangi, manis dan rasa pisangnya nendang banget ketika diolah menjadi cake/cupcake, bread atau muffin. Jangan gunakan juga pisang yang baru matang di hari tersebut karena selain kurang wangi, rasa pisangnya masih kurang tajam. Jika Anda kebelet ingin membuat banana muffin tapi pisangnya belum bonyok, masukkan saja ke kulkas maka pisang akan lebih cepat matang.

Satu lagi sebelum menuju ke resep. Saya mengganti choco chips dengan potongan dadu kecil dark cooking chocolate (dcc) kesukaan saya. Menurut lidah saya, dcc ini rasanya lebih mantappppp dibandingkan dengan choco chips. Karena saya menggunakan yang rasa coklatnya pekat sesuai kesukaan. Sedangkan choco chip yang di pasaran seringkali kurang nendang rasa coklatnya.

Ah kepanjangan saya ngobrolnya, yuk kita langsung menuju ke resep. Oh iya resep ini menghasilkan 18 buah muffin.

banana muffin, banana chocochips muffin, resep muffin mudah, resep serba pisang, bolu pisang coklat

Banana Choco Chunks Muffin – adaptasi dari www.laurainthekitchen.com 

resep muffin lainnya Buttermilk Cheese Muffin-ciamik dah!Banana Choco Muffin-sempurna!Perfecto Cheese MuffinBanana Choco MuffinTriple Choco Muffin Kukus #edisi 3
resep olahan pisang lainnya Banana Bread MudahChocolate Banana Cake

Bahan-bahan: 

  • 5 buah pisang ukuran sedang hancurkan dengan garpu.
  • 1 1/2 cup dark cooking chocolate yang dipotong dadu kecil, menurut saya lebih enak menggunakan chocolate chunks ini dibandingan dengan choco chips. Untuk mengetahui konversi ukuran cup ke gram dapat dilihat disini
  • 2 cup terigu serba guna
  • 3 butir telur ukuran kecil dalam suhu ruang
  • 3/4 cup minyak sayur 
  • 3/4 cup gula pasir
  • 1 1/2 sdm baking powder double acting
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdm vanilla extract

Cara Membuat:

  1. Siapkan cetakan muffin lapisi dengan muffin layer/paper cup atau olesi dengan mentega/minyak sayur.
  2. Panaskan oven pada suhu 200′ C.
  3. DCC (dark cooking chocolate) yang telah dipotong-potong dicampur dengan 3 sdm terigu, aduk rata sisihkan. Gunanya adalah untuk menjaga agar dcc ini tidak tenggelam dan tak bisa bangkit lagi..eh maksudnya tenggelam ke dasar cetakan, sehingga penampakannya kurang cantik.
  4. Dalam mangkok kecil pecahkan telur dan kocok agar tercampur saja, sisihkan. Biasakan memecahkan telur di wadah terpisah untuk menjaga jika mendapatkan telur yang busuk tidak merusak seluruh adonan.
  5. Dalam mangkok agak besar, hancurkan pisang dengan garpu. Masukkan minyak sayur, vanilla extract, telur, gula pasir. Aduk rata.
  6. Dalam wadah lainnya campur bahan kering yaitu terigu, baking powder, kayu manis bubuk, garam. Aduk rata.
  7. Masukkan campuran pisang ke dalam bahan kering aduk hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk ya, nanti menjadi bantat muffinnya. Secukupnya saja hingga tercampur.
  8. Masukkan dcc ke dalam adonan, aduk hingga rata.
  9. Tuang adonan ke dalam wadah muffin sebanyak kurang lebih 3/4 nya. Panggang selama 20 menit atau hingga dilakukan tes tusuk dengan tusuk gigi sudah bersih, maka muffin sudah matang.

Bagi lidah saya, muffin akan terasa lebih nikmat justru keesokan harinya. Jadi biasanya jika saya membuat muffin untuk buah tangan maka akan saya buat sehari sebelum saya memberikannya.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

Leave a Reply