Pull Apart Garlic-Mozza Bread, life is short-just eat garlic bread!

cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, cara membuat roti mudahRoti model beginian sedang hits di jagat sosial media. Di pinterest bertebaran, facebook, dan di youtube beberapa channel memasak yang saya ikuti juga upload tentang ini. Dan saya selalu ngiler melihat postingan-postingan itu, karena pembuatannya tampaknya sangat simple. Roti di potong bentuk diamond diisi ini itu sesuai selera dipanggang dan biarkan kejunya meleleh-leleh provokatif -semakin provokatif semakin baik- kemudian siap disantap! Simple kan?

cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, membuat roti mudahBagaimana gambar ini? Apakah cukup provokatif bagi Anda? Uuuh… lelehan kejunya, sensasi rasa bawangnya dan renyah permukaan rotinya ketika digigit kres..kres dipadu dengan gooey nya keju mozzarella so ahmazing!

Beneran gak mau nyoba buat? Nyesel loh, beli roti apa saja di supermarket. Bentuknya bisa lonjong, bulat atau bahkan trapesium kalau ada haha.. asalkan jangan lebih besar dari oven Anda ya. Sret..sret..sret 30-40 menit santapan lezat ini sudah siap. Dan yang jelas lebih hemat dibanding beli di bakery, saya pernah beli dengan harga di atas 20rb untuk ukuran sepertiga eh bahkan seperempat roti ini. Menyitir kalimat si empunya resep ini di youtube ‘life is short go eat garlic bread!’ haha.

cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, membuat roti mudahBukan saya namanya kalau tidak ribet, roti tidak saya beli jadi tapi saya buat sendiri. Resep rotinya dapat dilihat disini. Resep rotinya pun sederhana hanya terdiri dari bahan dasar: tepung, air, garam, gula dan tentu saja ragi. Sebetulnya dari satu resep roti ini bisa dibagi menjadi dua atau tiga, karena saya malas baking berseri -maklum ovennya kecil- maka saya langsung buat menjadi satu roti besar. Dengan diameter 21 cm! Bakalan berseri nih roti bisa untuk breakfast, dan cemilan di sela-sela waktu makan haha. Atau kalau bertahan sampai Senin bisa jadi saya bawa ke kantor, biasanya temen-temen kantor suka nagih kalau saya upload resep. Maaf ya.. bukan sisa, tapi disimpenin dikit, dirapiin, di touch up lagi hehe.

Untuk resep garlic bread simple dengan roti baguette beli di toko bisa dilihat disini.

resep roti mudah, roti baguette, roti garlic, garlic bread, roti tanpa telur, roti tanpa susu, roti jadulPull Apart Garlic-Mozza Bread, adaptasi dari laurainthekitchen.com

resep roti lainnya dapat dilihat di Roti Baguette yang tidak panjang, boleh ya?, Finally Found You - Resep Basic Roti (tawar, pizza, roti isi) Terbaik!, Yuk Membuat Roti Tawar Sendiri!, Nutella Parmesan Bread, Honey Wheat Bushman Bread, Buttermilk Wheat Bread, Honey Oat Wheat Bread

Bahan:

  • 1 loaf roti disarankan roti yang memiliki tekstur kokoh/keras permukaannya agar tidak hancur ketika dipotong. Pemilik resep aslinya menggunakan sourdough bread. Resep roti dapat dilihat disini.
  • 6 siung bawang putih. Saya menggunakan 8 siung karena tampaknya roti saya lebih besar dari yang di resep asli.
  • Parsley/seledri segar secukupnya. Karena saya belum ke pasar, saya menggunakan herbs kering 1 sdt mix herbs dan 1/2 sdt thyme.
  • 2 sdm olive oil. Saya menggunakan 4 sdm dengan alasan yang sama.
  • 2 sdm unsalted butter. Karena sedang tidak nyetok saya menggunakan margarin aroma butter R*yal P*lmia.
  • 225 gr mozzarella. Atau sesuai kebutuhan silakan sesuka hati, saya menggunakan semua sisa mozza saya kurang lebih 300an gr.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • pisau untuk memotong roti, sebaiknya menggunakan pisau bergerigi agar hasil lebih rapi dan lebih mudah prosesnya.
  • pastry brush/kuas, jika tidak ada menggunakan sendok pun jadi.
  • aluminium foil.

cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, membuat roti mudahCara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180′ C.
  2. Kupas dan cincang bawang putih hingga halus. Cincang seledri/parsley jika menggunakan.
  3. Potong-potong keju mozzarella sesuai selera, bisa dibuat tipis panjang atau cube seperti saya.
  4. Masukkan olive oil dan butter ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil hingga butter/mentega meleleh. Masukkan bawang putih dan daun seledri cincang atau herbs kering seperti yang saya gunakan. Aduk-aduk kurang lebih 1-2 menit saja tujuannya agar aroma minyak menyatu dengan aroma bawang dan daun-daunan, tidak bertujuan untuk menggoreng hingga berubah warna. Angkat dan sisihkan.
  5. Potong roti melintang di satu sisi, jangan sampai tembus ke bawah. Sisakan 1/3 atau 1/4 bagian bawah sebagai alas agar tidak hancur berkeping-keping.
  6. Putar rotinya, potong lagi di sisi berlawanan sehingga membentuk kotak-kotak kecil.
  7. Siapkan loyang dan alasi dengan aluminium foil, letakkan roti di atasnya. Tekuk bagian bawah aluminum foil ke samping badan roti sehingga membentuk seperti mangkuk. Sebetulnya aluminium foilnya bisa juga langsung ditutupkan di atas nya asalkan memotongnya panjang/disesuaikan dengan ukuran roti. 
  8. Setelah selesai dipotong dengan menggunakan pastry brush atau sendok oles seluruh campuran minyak, bawang dan dedaunan ke seluruh bagian roti. Jangan lupa selipan-selipan kecil yang nyempil suka ketinggalan hehe. Kemudian masukkan kejunya di sela-sela potongannya. Semakin banyak keju semakin baik buat saya haha.. cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, membuat roti mudah
  9. Setelah selesai di isi, tutup permukaaannya dengan aluminium foil dan panggang selama 15 menit pada suhu 180’C.cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, membuat roti mudah
  10. Setelah 15 menit, buka aluminium foilnya dan panggang lagi selama 15 menit pada suhu 190′ C.

Selesai.. sajikan selagi hangat nikmati sensai mulurnya mozza dan gurihnya garlic bread. Selamat mencoba dan bon appetite!

cara membuat pull apart bread, garlic keju bread, roti keju, garlic mozzarella bread, roti bulat diamond cut, membuat roti mudah

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

3 thoughts on “Pull Apart Garlic-Mozza Bread, life is short-just eat garlic bread!

Leave a Reply