Buttermilk Cheese Muffin – ciamik dah!

muffin keju, aneka resep muffin, resep buttermilk, resep buttermilk muffin lezat, aneka olahan buttermilk

Meski resep ini sering sekali saya buat, namun baru kali ini saya posting. Karena pada dasarnya resepnya sama dengan yang ada di  Perfecto Cheese Muffin yang pernah saya tulis sebelumnya. Namun yang membedakan adalah skip penggunaan yogurtnya dan susunya diganti dengan buttermilk. Untuk membuat buttermilk sendiri dapat dilihat disini.

Seperti yang telah beerkali-kali saya sampaikan, saya sudah cinta mati sama buttermilk. Jika dicampur cake, muffin, cupcakes, pancake bahkan roti pun menjadikan rasa adonannya lebih kaya, selain lebih moist. Bagi yang belum pernah, coba deh ya dijamin ketagihan!

Untuk melihat resep yang menggunakan buttermilk lainnya dapat dilihat di: Buttermilk Pancake, fluffy & yummy!Buttermilk Wheat Bread, aah buttermilk memang tidak pernah mengecewakan!

Untuk melihat resep muffin lainnya dapat dilihat di Banana Choco Muffin, sempurna!, Banana Choco Muffin, Triple Choco Muffin Kukus

muffin keju, aneka resep muffin, resep buttermilk, resep buttermilk muffin lezat, aneka olahan buttermilkBaiklah, mari kita menuju ke resep.

Buttermilk Cheese Muffin adaptasi dari justtryandtaste.com

Bahan-bahan: 

  • 250 gram tepung terigu serba guna
  • 120 gram keju cheddar parut
  • 150 gram gula pasir
  • 3 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • 235 ml buttermilk
  • 50 gr margarin
  • 50 ml minyak sayur
  • 20 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:

  1. Siapkan oven, set disuhu 180’C.
  2. Siapkan mangkuk cupcakes dari kertas atau cetakan muffin. Jika menggunakan cetakan, olesi cetakan dengan mentega dan taburi dengan tepung.
  3. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.
  4. Di mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau pengocok telur dari kawat, tambahkan gula, garam dan mentega cair. Aduk rata.
  5. Tambahkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian, aduk perlahan seperlunya saja hanya agar adonan basah. Jangan terlalu lama mengaduk, tidak perlu khawatir dengan gumpalan-gumpalan kecil tepung seukuran kacang tanah. Pada saat dipanggang gumpalan tersebut akan meleleh. Masukkan parutan keju, aduk rata.
  6. Masukkan adonan dengan tinggi 3/4 cetakan saja, adonan akan mengembang jadi jangan menuang adonan hingga mencapai mulut cetakan. Panggang selama 10 menit, keluarkan kue dari oven, taburi dengan keju parut, panggang kembali selama 15 – 25 menit, atau jika kita tusukkan tusuk gigi/lidi ke tengah kue maka tidak ada adonan yang menempel.

Dan muffin lezat pun siap disantap. Selamat mencoba. Bon Apettit!

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

11 thoughts on “Buttermilk Cheese Muffin – ciamik dah!

Leave a Reply