Nutella Parmesan Bread – roti manis isi nutella

roti isi nutella, roti nutella parmesan, roti manis isi, resep membuat roti isi mudah

Liburan adalah saat yang menyenangkan bagi anak-anak. Saatnya memberikan kenangan berkesan dan akan selalu dibawa hingga dewasa nanti. Musim liburan kali ini ada 3 keponakan saya yang berlibur di rumah kami selama beberapa hari. Agenda dengan om nya adalah jalan-jalan ke museum, Taman Mini dan berenang di Atlantis. Agenda dengan saya adalah membantu mencuci piring (ha!) dan membuat roti. Saya mengajak para krucil untuk membuat adonan pizza. Dari satu adonan ini jadi 1 buah pizza, 4 buah roti sosis dan 5 buah roti isi nutella. Nah rupanya si bungsu ingin membuat roti isi nutella lagi, kali ini saya menggunakan resep roti manis nya laurainthekitchen.com Semoga pengalaman ini akan menjadi salah satu kenangan indah bagi mereka.

Menakar bahan-bahan dilakukan bersama-sama lalu mixer melakukan tugasnya dengan sempurna. Membentuk dan mengisi roti dilakukan bersama-sama. Tentu saja ada berbagai kecelakaan haha.. Bentuknya yang berantakan lah, isi yang keluar karena tidak ditutup dengan benar. Tugas saya adalah merapihkan bentuk-bentuk roti isi itu agar rapi dan terkunci sehingga isinya tidak bocor keluar ketika dipanggang.

Karena menggunakan 3 butir kuning telur tentunya tekstur roti ini sangat lembut dan empuk meski menggunakan ragi instan (fermipan) saja tanpa pengembang roti. Roti manis ini sebetulnya bisa langsung disantap sebagai dinner roll seperti di resp aslinya, atau berkreasi menggunakan berbagai isian. Isian yang mudah kalau saya menggunakan selai Nutella dijamin semua suka. Bisa juga diisi sesuai dengan selera. Jika ingin membuat isian kacang merah dapat dilihat resepnya disini atau isian keju dapat dilihat resepnya disini.

Nutella Parmesan Bread – adaptasi laurainthekitchen.com 

Untuk melihat resep roti isi lainnya dapat dilihat di Roti Gandum Nutella, Japanese Milk Bread, Roti Isi Kacang Merah, Roti Manis Super Simple

Bahan-bahan: 

  • 4 cup/480 gr tepung terigu serba guna (saya menggunakan 4 cup tepung komachi) – untuk melihat konversi takaran cup dapat dilihat disini
  • 1 1/2 sdt ragi kering instan (fermipan)
  • 1/3 cup (65 gr) gula pasir
  • 1 cup susu hangat
  • 1/3 cup (76 gr) mentega
  • 1 sdt garam
  • 3 butir kuning telur
  • 3 sdm mentega cair untuk olesan setelah roti matang (saya skip, saya tidak mengoles setelah matang tapi sebelum roti dipanggang saya oles dengan campuran 1 sdt ovex + 10 sdt air + 1 sdm madu)

roti isi nutella, roti nutella parmesan, roti manis isi, resep membuat roti isi mudah

Cara membuatnya: 

  1. Campur terigu dan garam, aduk hingga rata sisihkan.
  2. Hangatkan susu dan mentega di panci, jangan sampai mendidih karena jika terlalu panas maka ragi akan mati. Aduk hingga mentega meleleh. Angkat dari kompor.
  3. Masukkan ke dalam campuran susu + mentega gula pasir, aduk hingga merata. Sebarkan di permukaannya ragi instan, aduk hingga tercampur. Diamkan selama 5-7 menit hingga ragi mengembang/berbuih dan siap digunakan.
  4. Jika menggunakan mixer untuk roti seperti saya, campur semua bahan ke dalam mixer gunakan dough hook dan setel mixer selama kurang lebih 5 menit atau hingga adonan tercampur rata.
  5. Setelah adonan tercampur rata, pindahkan adonan ke meja yang telah ditabur tepung sedikit agar tidak lengket uleni sebentar kurang lebih 1-2 menit. Bentuk bulat.
  6. Jika tidak menggunakan mixer, dalam wadah adonan kering tadi buat lubang di tengah masukkan campuran ragi+susu+mentega+gula dan kuning telur. Aduk dengan tangan hingga merata. Uleni kurang lebih selama 10 menit hingga adonan elastis. Tandanya jika kita tekan maka adonan akan segera kembali ke bentuk semula. Bentuk bulat.
  7. Siapkan wadah yang telah diolesi dengan minyak sayur/olive oil. Masukkan adonan yang telah dibulatkan tadi. Olesi permukaannya dengan olive oil agar tidak membentuk kerak/kering di bagian atasnya. Tutup dengan plastic wrap dan diamkan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  8. Setelah adonan mengembang, keluarkan dan letakkan di atas meja yang telah diberi taburan tepung. Kempiskan adonan, uleni sebentar 1-2 menit dan bagi menjadi 12 bagian. Tutupi dengan kain/plastic wrap untuk adonan yang belum dibentuk agar tidak kering terkena udara.
  9. Bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan dengan rolling pin atau tangan. Isi dengan isian tutup rapat dan cubit bagian yang saling menutup itu agar menyatu. Rapihkan menjadi bulat lagi dan letakkan dalam loyang yang telah dioles dengan minyak sayur. 
  10. Diamkan selama kurang lebih 45 menit dengan ditutup plastic wrap/kain bersih.
  11. Panaskan oven pada suhu 190’C 15 menit sebelum digunakan.
  12. Olesi permukaan dengan susu cair/madu, saya menggunakan campuran ovex dan madu, taburi dengan parmesan bubuk. Panggang selama 20-25 menit hingga permukaan coklat keemasan.

Karena oven saya ukuran 19L saya memanggang dua kali untuk 2 loyang. Wangi parmesan dan kriuknya ketika digigit menjadikan roti ini lebih kaya rasa.

Selamat mencoba!

 

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

3 thoughts on “Nutella Parmesan Bread – roti manis isi nutella

Leave a Reply