Membuat Buttermilk Sendiri

membuat buttermilk sendiri

Ini adalah kecintaan saya. Sejak pertama kali saya menggunakan resep dari joyofbaking.com untuk Cheese Muffin yang menggunakan buttermilk. Oh sejak saat itu saya langsung cinta mati. Rasa yang dihasilkan menjadi lebih kaya, lebih moist, empuk dan ada sensasi rasa asam samar yang menyegarkan.

Buttermilk awalnya adalah cairan yang dihasilkan dari pengolahan krim kental menjadi mentega. Pada jaman dulu orang membuat mentega menggunakan alat pengocok kayu dan manual. Nah cairan sisanya ini lah yang disebut buttermilk, masuk akal juga jika kemudian diberi sebutan buttermilk -susunya mentega.

Buttermilk kini dibuat dengan fermentasi dari susu segar dengan menambahkan bakteri asam laktat yang rendah lemak. Hasilnya susu segar akan mengental dan mempunyai rasa asam. Namun tidak sekental atau setajam rasa yogurt. Buttermilk dapat diminum langsung atupun dicampur dalam adonan sebagai pengganti susu segar.

membuat buttermilk sendiriSayangnya buttermilk ini susah didapat di Indonesia kecuali di supermarket besar yang menjual barang-barang import dan itupun biasanya harganya cukup menohok jantung haha. Namun kita dapat membuat buttermilk sendiri dengan mudah caranya:

  • tambahkan 1 sdm perasan lemon/jeruk nipis/cuka ke dalam 1 cup (250 ml) susu cair
  • aduk dan diamkan selama kurang lebih 10 menit maka susu akan mengental dan buttermilk pun siap digunakan

Nah simpel kan. Buttermilk dapat digantikan juga dengan sour cream atau yogurt dengan takaran yang sama di resep. Namun, menurut saya rasa yang dihasilkan tidak sekeren jika menggunakan buttermilk. Bagi Anda yang belum pernah mencoba. Cobalah! Beneran deh…

Saya telah mencoba dalam adonan muffin, pancake, dan cake dan seperti yang telah saya sampaikan di atas. Never fails me!

Resep cookingasyik yang menggunakan buttermilk:

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

11 thoughts on “Membuat Buttermilk Sendiri

  • February 1, 2015 at 6:57 pm
    Permalink

    Mba d resepkan ada tuch yg d campur ma baking soda yaitu 1 sdt ditilled vinegar, bleh gak distilled vinegar/cuka d ganti ama 1 sdt air prasan jeruk lemon ?

    Reply
    • February 1, 2015 at 7:03 pm
      Permalink

      Mbak Mawar, maksudnya yang di resep red velvet ya? Saya belum petnah coba untuk diganti dengan air perasan jeruk. Saya baca di web-nya joyofbaking.com yang punyanya resep tidak disebutkan bisa digantikan/tidak.

      Reply
  • Pingback: Buttermilk Cheese Muffin – ciamik dah! | cookingasyik

  • October 26, 2015 at 3:05 pm
    Permalink

    buttermilk tahan brp lama dlm lemari es Mbak?

    Reply
    • November 16, 2015 at 3:17 pm
      Permalink

      Hai Mbak, sorry very late reply ya… Maaf tentang berapa lama saya kurang tau, biasanya sih kalau bikin sesuatu yang menggunakan buttermilk saya gunakan sesuai dengan ukuran resep jarang nyisa. Paling kalaupun nyisa satu dua hari kemudian saya pakai.

      Reply
  • June 10, 2016 at 11:12 am
    Permalink

    untuk susu cari yang digunakan susu cair merk apa bunda?? thank you… Pantas saja saya cari2 buttermilk tdk pernah ketemu, ternyata jarang di jual ya 😀 mau buat pancake belum jadi2 karena Buttermilk… hehehe..

    Reply
    • June 10, 2016 at 12:06 pm
      Permalink

      Hai Riana, bisa pake susu cair merek apa saja. Kadang saya pake Diamond, kadang Ultra. Selamat mencoba!

      Reply
  • August 23, 2017 at 2:27 pm
    Permalink

    Hi mba, hasil dri buttermilk itu akan ada cairan yg memisah.
    Cairan bening nya dbuang atau dbiarkan saja ?

    Reply

Leave a Reply