Membuat Pasta Kacang Merah untuk Isian

resep membuat onde-onde goreng kacang merah mudah cepat

Beberapa teman menanyakan kepada saya cara membuat pasta kacang merah untuk isian. Bisa jadi isian roti, atau isian onde-onde juga sebagai ganti kacang hijau. Suami saya pecinta roti isi kacang merah di toko roti TLJ yang lagi nge-hits di seantero Jakarta yang kalau manggil kita miss. Mengenai panggilan mbak-mbak di supermarket atau toko, saya paling favorit kalau dipanggil kakak. Mau dia nawarin baju kek, kartu kredit kek atau apapun saya akan menjawab sambil tersenyum jika dipanggil kakak. Kalau dipanggil bunda di supermarket saya akan merespon sambil lalu biasanya sih saya pura-pura gak denger. Nah yang paling bikin saya ingin berhenti, memandang dengan mata tajam dan agak disipitkan mengancam sambil menahan diri untuk tidak menampar atau menjambak adalah panggilan tante! Haloo emang gue kawin ama om lu?

Ok lupakan panggilan mbak-mbak itu, mari kita ke topik utama yaitu bagaimana membuat pasta kacang merah.

Untuk melihat resep yang menggunakan pasta kacang merah ini dapat dilihat di Roti Isi Kacang Merah, Onde-onde Kacang Merah – edisi praktis

MEMBUAT PASTA KACANG MERAH

Bahan-bahan:

  • kacang merah (tentu saja), berapa gr kacang merah disesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • air secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • coklat bubuk secukupnya, untuk melihat coklat bubuk favorit saya dapat dilihat disini

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih kacang merah tuang air hingga terendam. Bisa menggunakan panci biasa atau panci presto untuk mempersingkat waktu pembuatan. Air rebusan pertama dibuang terlebih dahulu.
  2. Rebus hingga empuk, jika dipencet dengan tangan sudah sangat lunak. Dengan panci presto kurang lebih 30 menit sudah empuk. Jika menggunakan panci biasa kurang lebih 1 – 1.5 jam.
  3. Jika sudah empuk, angkat dan masukkan kacang merah ke blender/food processor.  Jika menggunakan food processor dapat langsung di nyalakan mesinnya dan proses hingga halus. Jika menggunakan blender agar pisaunya jalan tambahkan air sisa rebusan sedikit saja. Jangan terlalu banyak nanti lama untuk mengeringkannya.
  4. Siapkan panci masukkan kacang merah yang telah serupa bubur tambahkan gula pasir dan coklat bubuk. Masak dengan api kecil, aduk-aduk hingga cairannya mengering.
  5. Jika sudah mengering, matikan api. Dinginkan dan bentuk bulat-bulat jika digunakan sebagai isian onde-onde atau roti. Atau bisa juga digunakan sebagai spread isian roti untuk roll bun.
  6. Simpan sisanya dalam freezer untuk dapat digunakan lagi nanti jika diperlukan.

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

One thought on “Membuat Pasta Kacang Merah untuk Isian

Leave a Reply