Bitchy Hot Choco

imageSuatu hari saya diminta untuk menghadiri sebuah seminar launching product digital software oleh kantor saya di Rumah Maroko Menteng. Yang membuat saya bahagia saat itu bukan karena materi seminarnya, namun hot choco nya. Bikin saya gila! Serius! Hot choco nya disajikan dalam dispenser, tapi saya meminta waiter untuk menyajikan ke dalam ruangan. Begitu saya mencicipi…alamaaak dunia seakan berhenti berputar, orang-orang di meja saya freeze. Semuanya menjadi slow motion, cairan kental hot choco masuk ke dalam mulut saya, membanjiri lidah sebagai ujung tombak syaraf perasa dengan sensasi rasa yang luarrr biasa. Perpaduan manis, rempah, kental, legit aaah.. tak terkatakan. Endingnya suara cegukan hot choco itu masuk melalui tenggorokan saya dibarengi dunia yang berjalan normal kembali. Haha bitchy ya

Berawal dari situ, saya penasaran dan mulai mencari-cari resep yang sesuai dengan yang telah saya cicip itu. Sampai saya menemukan video ini, video tutorial yang sexy luar biasa. Ciocolata calda, alias hot chocolate yang tak mungkin Anda tolak jika berkunjung ke Roma – Italy.

So, sepakat dengan saya kah? Videonya sangat menggoda ya hehe.. Sebelum menuju resep yang saya adaptasi dari video tersebut, saya akan share beberapa informasi mengenai sejarah hot choco yang rupanya sudah melalui perjalanan berabad lamanya.

imageMenurut wikipedia, dipercaya minuman ini telah dibuat sejak 2.000 th yang lalu oleh bangsa Maya. Mereka mengolah coklat sebagai minuman dengan bahan campuran biji coklat yang dipanggang, tepung jagung, cabe, rempah-rempah dan air. Dan sejak 1400 SM minuman ini sudah menjadi kebudayaan bangsa Aztek. Namun saat itu masih belum dicampur gula sehingga pahit dan aneh. Jenderal dari Spanyol Hernan Cortez menaklukkan bangsa Aztec pada tahun 1519, dan merasakan minuman cokelat untuk pertama kalinya. Kemudian menulis surat pada Raja Spanyol Charles V bahwa, “Minuman ini adalah minuman yang berharga, yang dapat membangkitkan semangat untuk bertempur dan tetap siaga. Satu cangkir minuman ini mampu membuat manusia bertahan satu hari tanpa makanan”. Sejak itulah minuman ini menyebar ke belahan Eropa. Bahkan menjadi minuman kerajaan atau bangsawan di Spanyol. Baru pada tahun 1600-an minuman coklat mulai dicampur dengan gula. Ketika salah satu anggota kerajaan Spanyol menikah dengan bangsawan Inggris, coklat menjadi mas kawinnya. Dan jurumasak khusus menangani coklat ini ditunjuk khusus. Sejak itulah popularitas coklat semakin melejit. Dan mulai dicampur susu dan dijadikan dessert setelah santap malam.So, setelah mengenal lebih dekat tentang minuman coklat mari kita mulai untuk membuat minuman mood booster ini. Oh ya, saya menggunakan panduan takaran resep dari video itu, namun untuk spice nya saya menambahkan sedikit irisan cabe rawit seperti saran teman kantor saya Rachael. Disamping saya juga tidak mempunyai bubuk paprika seperti yang disebutkan di beberapa lain, yah katakanlah saya kembali mengikuti orang Indian dahulu menggunakan chilli pepper. imageBitchy Hot ChocolateBahan-bahan:

    1 cup (250 ml) susu full cream (saya menggunakan Diamond)50gr dark cooking chocolate, potong-potong 1 sdm coklat bubuk 1 sdt maizenagaram secukupnya 1 sdt cinnamon bubuk vanilla secukupnya1/2 sdt cabe bubuk (saya menggunakan cabe rawit diiris kecil saja jangan gunakan semuanya nanti coklatnya pedes hehe)

imageCara membuatnya:

      Campur coklat bubuk, maizena, cinnamon bubuk aduk rata dengan whisk Masukkan susu aduk-aduk hingga tercampur Panaskan di atas kompor, masukkan cabe rawit aduk-aduk hingga merata dan hampir mendidih. Jangan sampai mendidih ya, karena nanti terlalu panas dan jika dicampur dcc hasilnya tidak maksimal.

 

    Matikan kompor, masukkan dcc, vanilla dan aduk-aduk hingga mencair seluruhnya. Tambahkan garam sejumput kecil saja. Saring ke dalam cangkir dan hot choco pun siap disantap!

Saya tak menyangka campuran cabe di dalamnya membuat hot choco terasa hangat sensasinya hampir sama seperti jahe tapi masih ada rasa sedikit bitchy nya. Haha!

Ok, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber:

    wikipedia http://intoblackforest.blogspot.com

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

One thought on “Bitchy Hot Choco

Leave a Reply