Onde-onde Kacang Merah -edisi praktis-

image

Bukannya saya sok anti mainstream dan sok kreatif mengganti isian kacang hijau yang sudah menjadi kodrat onde-onde. Namun saya memanfaatkan pasta kacang merah isian Roti Isi Kacang Merah yang masih ada barangkali lebih dari setengah kilo dan menyesaki frizer. Dan dari sekian banyak kacang merah, hanya terpakai seumprit saja jadi isian untuk 19 onde-onde. Dan jangan tanya kenapa jumlahnya ganjil ya, bukan angka cantik atau angka keberuntungan hehe. Kolaborasi tangan dan otak saya menghasilkan 19 bulatan sebesar kelereng untuk isian. Dan saya harus menyesuaikan adonan onde-onde juga sejumlah 19 bagian.

Kenapa saya sebut tulisan ini edisi praktis, karena saya cheating menggunakan tepung premix Onde Goreng merek Nilasari yang kondang dengan berbagai macam tepung premix jajanan tradisional ini. Gara-gara saya seringkali diledek suami saya karena tidak pernah membuat jajanan tradisional, akhirnya saya membeli tepung ini 3 minggu lalu dan baru kepikiran membeli wijennya online (karena tidak sempat ke toko bahan kue) hari Senin dan barang tiba hari Jumat minggu ini.

Setelah berniat dari pagi membuat onde-onde, namun godaan hari Minggu datang mengganggu saya. Bawaannya kalau memang tidak ada agenda keluar rumah ya leyeh-leyeh  sambil mantengin tivi atau internet atau nge-game haha. Akhirnya si tepung ini baru menjelang sore saya olah hehe.. Eits tapi saya leyeh-leyeh sambil brosing tips menggoreng onde-onde. Karena rupanya teknik menggoreng menentukan keberhasilan onde-onde tampil cantik.

image

Tips untuk menggoreng onde-onde agar hasilnya cantik:

  • minyak terlalu panas sehingga membuat onde-onde meletus
  • usahakan onde-onde tercelup seluruhnya ke dalam minyak sehingga dapat matang merata lebih mudah
  • jika minyak sudah terlalu panas, kecilkan api atau angkat penggorengan sejenak kemudian kembalikan lagi ke kompor

Itu beberapa tips yang saya dapat dari brosing. Namun di balik box tepung premix tersebut juga diberikan cara menggoreng: goreng dalam minyak dingin dengan api besar, setelah kecoklatan kecilkan api.

Persepsi saya adalah begitu minyak dituang ke dalam penggorengan dan api besar dinyalakan (berarti minyak masih belum panas sehingga disebut minyak dingin) saya cemplungkan onde-onde tersebut. Hasilnya agak sedikit gosong bagian yang menempel ke dasar penggorengan hihi. Karena, jika adonan mentah, masih basah sehingga lebih berat dan tenggelam ke dasar. Setelah mulai matang, maka adonan akan lebih ringan dan naik ke atas. Namun saya juga mencoba dengan minyak panas dan api kecil-sedang, dan hasilnya juga ok. So mari kita menuju ke ‘resep’ edisi praktis ini.

Onde Kacang Merah

Bahan isi kacang hijau (tausa, seperti yang tertulis di box tepung premix):

  • 200 gr kacang hijau tanpa kulit
  • 1 liter air
  • 150 gr gula pasir
  • 100 gr minyak sayur
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat tausa (isian kacang hijau):

  1. rebus kacang hijau dengan 1 liter air hingga empuk dan airnya berkurang
  2. masukkan gula pasir, minyak sayur, vanila dan garam, aduk rata
  3. masak lagi hingga menjadi semakin kental, mengering dan tidak lengket
  4. diamkan dan dinginkan kemudian dibentuk sebesar kelerang

kacang merahBahan kulit

  • 1 bungkus tepung premix Onde Goreng Nilasari (isi 300 gr)
  • 150-160 cc air dingin (saya menggunakan air biasa, suhu ruang)
  • wijen putih

Cara membuat:

  • campur tepung premix dan air, aduk rata dengan tangan
  • diamkan selama 15 menit
  • bagi menjadi beberapa gumpalan kecil-kecil
  • bentuk melebar di tangan, dengan ditekan-tekan
  • isi dengan isian kacang merah atau hijau sesuai selera
  • tutup kembali dan rapikan dengan digulung-gulung dengan kedua tangan
  • masukkan ke dalam wadah berisi wijen, gulirkan hingga keseluruhan permukaan tertutup wijen

image

Setelah seluruh adonan selesai dibentuk, maka siap untuk digoreng. Karena onde-onde enaknya disantap selagi hangat. Maka selalu sajikan ala minute, goreng ketika akan sajikan. Sisanya bisa disimpan di lemari es, tutup dengan plastic wrap. Jika ingin menggoreng setelah keluar dari lemari es, diamkan dulu dalam suhu ruang kurang lebih 30 menit atau sampai benar-benar sudah tidak dingin lagi adonannya. Karena jika tidak, maka adonan tidak akan mengembang. Saya menemukan trik agar tidak menunggu terlalu lama, saya masukkan ke rice cooker haha. Dan hasilnya cepat tidak perlu menunggu lama untuk segera digoreng.

image

Goreng dengan minyak melimpah agar onde-ondenya terendam, gunakan api kecil-sedang. Angkat setelah kecoklatan dan sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba!

 

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

One thought on “Onde-onde Kacang Merah -edisi praktis-

Leave a Reply