Buttermilk Pancake, fluffy and yummy!

imageSering makan pancake tapi belum pernah membuat sendiri. Dan saya sudah lama ngincer resep buttermilk pancake ini. Buttermilk ini yang membuat cita rasanya unik dan istimewa. Saya telah jatuh cinta sejak mengenal buttermilk pertama kali saat membuat Coconut Lemon Cake dan setelah itu saya berkali-kali membuat muffin dengan menggunakan buttermilk sebagai pengganti susu.

Buttermilk adalah susu yang dibuat asam. Teksturnya lebih kental daripada susu cair biasa. Kegunaannya biasanya dicampurkan sebagai bahan pancake, cake atau muffin. Namun jika ingin diminum langsung juga bisa, saya sih belum pernah coba. Rasa asamnya adalah hasil fermentasi. Kegunaan buttermilk ini dalam pancake untuk membuat tekstur lebih lembut dan moist tanpa menggunakan terlalu banyak lemak.

imageDi Indonesia jarang ditemukan di supermarket, kecuali di supermarket impor dan harganya pastinya tidak murah. Ada beberapa cara mudah untuk membuat buttermilk sendiri: campurkan 1 cup susu segar (240 ml) dengan 2 sendok makan dengan perasan jeruk nipis/lemon, jika tidak ada bisa menggunakan cuka/disttiled vinegar, atau bisa juga menggunakan 1 3/4 sdm cream of tartar. Diamkan selama 5-10 menit. Maka akan mengental/menggumpal.

Atau, buttermilk juga bisa digantikan dengan youghurt atau sour cream dalam jumlah yang sama dalam resep tersebut. Saya terkadang menggunakan youghurt untuk membuat cheese muffin.

Resep buttermilk pancake ini saya ambil dari joyofbaking. imageBeberapa bahan yang ada  di resep ini memiliki fungsinya masing-masing. Yang pertama, terigu. Terigu berfungsi untuk badan/struktur, tekstur dan rasa dari pancake ini. Gula ditambahkan selain berfungsi sebagai pemanis juga menambah kelembapan dan menghasilkan warna coklat keemasan yang diperlukan. Baking powder dan baking soda memberikan teksture ringan dan airy alias menul-menul. Garam untuk mengeluarkan rasa dari masing-masing bahan. Telur menghadirkan warna, tekstur rasa dan memperkaya rasa juga sebagai pengikat semua bahan menjadi satu. Mentega menambahkan kekayaan rasa dan membantu pancake menjadi lembut. Terakhir buttermilk, dengan rasa yang tajam memperkaya rasa dan membuat hasil pancake lembut dan fluffy.

image

Oke, tanpa berpanjang lagi kita langsung menuju ke resep sebagai berikut.

Buttermilk Pancake 

Resep: www.joyofbaking.com

Bahan-bahan: 

1 cup (130 gr) tepung terigu serbaguna

1 sdt baking powder

1/4 sdt baking soda

1/4 sdt garam

2 sdm (28 gr) gula pasir

1 telur ukuran besar (saya menggunakan 2 telur karena mungil-mungil), pecah dan kocok lepas

1 cup (240 ml) buttermilk

3 sdm (40 gr) mentega dicairkan, tambahkan sedikit untuk mengolesi pan.

Cara Membuatnya:

Intinya memisahkan bahan kering dan cair kemudian dicampur, seperti membuat muffin.

1. Campurkan dalam satu wadah terigu, baking powder, baking soda, garam, dan gula. Aduk rata menggukan whisk/spatulla.

2. Campurkan telur yang telah dikocok lepas tadi dengan buttermilk, dan mentega cair. Aduk rata.

3. Buat lubang di tengah terigu, campurkan bahan cair. Aduk perlahan hingga rata. Jika ada brindil-brindil adonan, tidak apa asal rata semua tepung sudah tercampur dengan cairan.

image

4. Siapkan wajan, gunakan sendok sayur untuk menuang adonan ke wajan.

5. Jika sudah panas, tuang satu sendok sayur adonan. Hati-hati apinya ya, jika sudah terlalu panas bisa dikecilkan dan nanti dibesarkan lagi jika suhunya sudah turun.

6. Jika sudah mengeluarkan gelembung-gelembung bisa dibalik. Sebelumnya intip dulu di baliknya sudah sesuai dengan coklat selera Anda belum. Balik, tidak usah di tekan-tekan ya si pancakenya. Kasihan nanti tertekan hehe..

6. Intip lagi, jika sudah sesuai coklat keemasan dengan selera Anda, bisa diangkat.

image

imageDone! Pancake siap dihidangkan. Santap selagi hangat, untuk topping bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bisa menggunakan butter, selai, madu atau sirup maple. Saya memilih butter dan madu. Oh ya, resep ini bisa jadi 8-10 pancake ya. Pastinya sesuai dengan ukuran sendok sayur yang digunakan.

Sajikan dengan minuman panas kesukaan Anda. Kali ini saya memilih lemon dan madu dicampur air hangat. Yuuum…. Bon Appetit!

Note: komen suami saya hmmmm enak. Rasanya ini bakal menjadi resep andalan saya hihi.

Sumber:

www.wikipedia.com

www.femina.com

www.joyofbaking.com

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

12 thoughts on “Buttermilk Pancake, fluffy and yummy!

Leave a Reply