Cake Pop

20140712-122239-44559551.jpg</

Sebetulnya perlengkapan tempur membuat cake pop ini sudah lama dibelinya. Dulu niatnya untuk oleh-oleh khitanan keponakan, eh anaknya gak mau maunya kue ulang tahun aja. Tapi karena ribet waktu itu akhirnya cuman bawa muffin hihi.

Nah inipun semacam tidak sengaja membuatnya, karena rencana membuat red velvet tapi karena ada sedikit kegagalan di buttermilk nya sehingga rasanya jadi kurang maksimal akhirnya cake itu saya obrak abrik menjadi cake pop. Hasilnya saya bawa ke kantor dan tentunya laris manis, karena sebetulnya apapun yang di bawa ke kantor pasti laris manis haha. Kata teman-teman sih enak, kata adek-adek magang juga enak. Secara psikologis tentunya adek-adek magang ini pastinya tidak berani berkata sebaliknya, karena mereka dalam supervisi saya. Haha

20140712-182744-66464407.jpg

Beberapa peralatan tempur yang diperlukan untuk membuat cake pop:
– cake pop stik, biasanya terbuat dari plastik. Saya membeli melalui online, harganya murah kalau tidak salah 3rb isi 20 buah.
– spons/gabus, diletakkan dalam wadah dan digunakan untuk menancapkan stik nya. Lebih oke menggunakan oase, spons yang warnanya ijo yang biasa digunakan untuk merangkai bunga

Nah karena sampai dengan saat eksekusi saya tidak menemukan spons, saya menggunakan mug. Dan ini lumayan rempong terutama saat setelah mencelup/melumuri dengan lapisan coklat kemudian sebelum mengering harus ditaburi sprinkle. Karena wadah sprinkle saya harus di putar-putar terkadang saya melakukan atraksi dengan menggigit stik cake pop yang sudah dilumuri coklat agar tetesannya tetap ada di wadah coklat sambil satu tangan memutar wadah dan menuangkan isi sprinkle yang dimaksud ke tangan lainnya. Yuuk heroik sekali yes?

IMG_5278.JPG
Yuk menuju ke bahasan utama, cara membuat cake pop.

Bahan-bahan:
– cake apa saja bisa vanilla, coffee, coklat, brownies apa saja yang terpikirkan oleh Anda. Menurut saya resep yang paling simpel yang bisa Anda temukan. Toh cake nya nanti akan dihancurkan juga. Jika ingin mengetahui resep cake yang bisa diolah bisa diintip disini.
– mentega/margarin yang dilelehkan bisa salted/unsalted sesuaikan dengan selera Anda. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan. Gunanya adalah untuk melekatkan cake yang sudah hancur agar mudah dibentuk. Jadi gunakan mentega cair hingga jika dibuat bulatan mudah, tidak ambyar tapi jangan terlalu lembek juga seperti kata Vetty Vera ‘yang sedang-sedang saja’.
– dark cooking coklat 200 gr atau sesuai selera.
– sprinkle warna warni sesuai dengan selera sebagai hiasan. Atau bisa juga menggunakan white chocolate, atau berbagai rasa coklat lainnya.

Cara membuat:
1. Hancurkan cake dengan tangan, tambahkan beberapa sendok mentega cair. Campurkan dan rasakan jika konsistensi nya dirasa sudah cukup bisa dihentikan jika kurang tambahkan.
2. Bentuk menjadi bulatan-bulatan sambil ditekan-tekan agar padat. Besar bulatan bisa sesuai selera, saya membuat seukuran bola bekel kecil ya yang belum direndem minyak tanah haha.

IMG_4926.JPG
3. Masukkan ke dalam freezer agar memadat dengan cepat kurang lebih 5-10 menit.
4. Sambil menunggu, kita lelehkan coklat. Masukkan air ke dalam panci, letakkan wadah yang lebih lebar dari permukaan panci untuk mengetim. Masukkan coklat yang telah dicacah ke dalam wadah tersebut. Panas air di bawahnya akan melelehkan coklat tsb. Selalu coklat tidak boleh terkena uap air atau percikan air ya, nanti akan rusak. Biasanya saya melelehkan hingga sebagian leleh, saya matikan kompor sisa panasnya masih dapat melelehkan sisanya. Angkat letakkan di meja.
5. Ambil bola-bola cake pop dari frizer.
6. Siapkan stik untuk menusuk si bola-bola ini ya. Tips nya agar bola tidak melorot dan tetap berada di tempatnya, celupkan dahulu ujung stik ke dalam coklat. Kemudian langsung tusukkan ke bola-bola, menusuknya biasa saja ya tidak usah dengan dendam membara seperti ingin menusuk mantan pacar yang selingkuh nanti malah stik nya nembus. Jangan juga terlalu terbawa perasaan apalagi sambil merem. Intinya biasa saja sampai kira-kira stik nya berada di tengah.
7. Tata terbalik dalam piring atau wadah lainnya. Lakukan hingga selesai. Masukkan lagi ke dalam frizer agar betul-betul merekat. 5 menit saja.

IMG_4927.JPG
8. Keluarkan dari frizer, celupkan/lumuri dengan dengan coklat. Putar-putar di atas wadah coklat hingga tidak menetes lagi.
9. Taburi dengan edible sprinkle, letakkan dalam mug. Coklat akan mengering dalam suhu ruang.

IMG_4928.JPG

Dan cake pop siap untuk di santap! Bon Appetite!

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

7 thoughts on “Cake Pop

  • Pingback: Chilled Chocolate Cheese Cake – maret 2014 | cookingasyik

  • October 17, 2015 at 10:51 am
    Permalink

    wah, ternyata mbak lily jagonya masak kue nih critanya :D…

    udah coba resep yang red velved skg harus coba yg ini nih ,hhe

    Reply
    • October 22, 2015 at 11:29 am
      Permalink

      Hehehe… masih newbie Nikko. Silakan mencoba ya.. sharing2 hasilnya ya. Happy baking!

      Reply
  • March 19, 2016 at 5:59 pm
    Permalink

    Lucu bacanya mbak …kbetulan nemu pas nyari ide mau di apain ni cake yg bantet ..hehhee….,ide bagus ni mkasih yaaa…..

    Reply
    • March 20, 2016 at 5:25 am
      Permalink

      Hai Mbak Yesi.. Hihi ada temen bantet juga rupanya. Selamat eksekusi yaa.. Bisa sharing2 hasilnya di instagram @cookingasyik atau fb Cooking Asyik. Selamat mencoba!

      Reply
  • February 4, 2017 at 9:58 am
    Permalink

    kaka,,
    cakepop klo dijual pertusuknya berapa yah?
    heheh

    Reply
    • February 21, 2017 at 9:32 am
      Permalink

      Hai Nona, sorry kaka tidak jualan cake pop nya hehe.. Tapi kalo Nona maksudnya nanya kalau mau jualan berapa dijual per buahnya, harus dihitung dulu berapa ongkos produksinya dll.

      Reply

Leave a Reply