Baking Soda for BEAUTY!

Baking Soda Image_998_380Tak disangko tak dinyano baking soda selain berguna sebagai salah satu ingredient dalam dunia per-baking-an memiliki beberapa fungsi yang luar biasa. Dari beberapa tips yang beredar di google, saya telah mencoba sendiri beberapa kali dan sangat puas dengan hasilnya. Baking soda di lemari saya lamaa habisnya, karena memang pemakaian pada resep jarang, biasanya saya skip dan saya menggunakan baking powder double acting. Nemu artikel ciamik ini baking soda yang berumur setahun ini bisa cepat habis.

Saya akan berbagi tips yang telah saya lakukan sendiri, untuk tips selengkapnya bisa di lihat disini.

Baking soda dan hidung berkomedo

blackhead_on_the_noseSetelah saya berhasil melepaskan diri dari jeratan dokter di klinik kecantikan Natasha beberapa tahun lalu, saya berpindah menggunakan produk SKII. Meski produk ini ciamik terutama miracle water nya yang kondang markondang itu, namun bagi hidung saya yang tak seberapa mancung ini jika beberapa kali saya skip maka akan muncul noktah (tidak merah) komedo yang sangat mengganggu. Biasanya komedo-komedo jahanam ini dibantai tuntas tas saat melakukan facial. Tapi sejak tidak ke klinik lagi, saya tidak pernah melakukan facial. Biasanya saya mencabuti si noktah komedo dengan pinset sambil dibantu dengan pencet sana sini.

Kemudian minggu lalu saya menemukan tulisan bahwa baking soda bisa digunakan sebagai scrub! Penasaran?

Bahan-bahan:

– 1 sdt baking soda

– beberapa tetes air

– susu pembersih (saya menggunakan whitening source clean lotion)

Caranya:

1. Ambil 1 sdt baking soda bisa diletakkan di wadah, jika saya langsung saya letakkan di telapak tangan langsung.

2. Tambahkan beberapa tetes air, campur hingga membentuk cairan kental.

3. Tambahkan susu pembersih.

4. Dan scrub pun siap digunakan! Oleskan ke seluruh wajah, dan gosok perlahan di seluruh permukaan, terutama ujung hidung yang berkomedo. Diamkan selama 3 menit. Setelah itu bilas dengan air.

Hasilnya:

Terus terang saya awalnya menduga kulit muka saya akan terasa kesat dan kering. Ternyata tidak. Betul-betul nyaman dan enak. Kulit saya terasa lembut dan segar. Seriusan ini tidak lebay. Komedo musuh bebuyutan itu lenyap. Beberapa teman yang saya ceritain sepertinya belum berani mencoba hihi. Kalau saya sih tergolong nekad anaknya haha. Saking kecanduannya 3 hari kemudian saya menggunakannya lagi dan kemarin saya coba lagi hehe. Karena, bagi kulit muka saya yang pas-pasan ini, make up rasanya jadi enak banget nempelnya.

Baking soda dan kulit kepala berminyak

oily-scalpApakah Anda termasuk golongan pengusaha minyak, di kulit kepala tentunya. Jika iya, maka kita adalah segolongan. Produksi minyak di kulit kepala yang berlebih mengakibatkan jerawat, dan tentunya rambut cepat lepek dan bisa menimbulkan bau yang kurang asoy. Masih bersumber dari artikel yang sama, saya mencobanya sekali dan belum mencoba lagi karena saya telah menemukan shampo yang tepat (hopefully) yang dapat mengontrol produksi minyak kulit kepala. Jika ingin mencoba berikut caranya.

Bahan :

1 sdt baking soda

1 sdt shampoo

Intinya perbandingannya 1:1 ya, bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Caranya:

1. Seperti Anda melakukan keramas basahi rambut, terserah bisa dilakukan sambil menyanyi atau sambil berdeklamasi sesuaikan dengan gaya andalan yang paling cocok.

2. Campur baking soda dan shampoo tadi, dan usapkan di kulit kepala. Akan terasa agak kesat.

3. Diamkan kurang lebih 3 menit kemudian bilas hingga bersih.

Hasilnya :

Rambut terasa lebih kesat dan lebih bersih.

Saya baru mencoba dua hal di atas, yang masih menjadi to do list saya: baking soda untuk mengobati jerawat (nunggu jerawatan dulu) dan melembutkan tumit.

Oh ya, satu lagi yang tengah saya coba dan rasanya sih berhasil ya. Untuk menghindari bau kulkas, letakkan beberapa sendok baking soda di wadah di rak kulkas. Saya sudah mencoba sejak kembali ke Jakarta dari mudik lebaran dan beres-beres kulkas karena listrik sempat mati dan meninggalkan beraneka rupa bau bahan makanan basi.

Sekian dan selamat mencoba!

Source:

http://lifestyle.okezone.com/read/2014/06/01/195/992474/manfaat-baking-soda-untuk-kecantikan

Image source:www.berkeleywellness.comwww.dermabout.comwww.modagreco.co.uk

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

Leave a Reply