Homemade Cream Cheese Alias Krimcis KW

20140527-071509-26109948.jpg
Sudah lama sebetulnya melihat resep krimcis kw alias bajakan ini berseliweran di internet. Sempat kepengen buat sendiri, tapi dipikir-pikir jika dibanding beli yang sudah jadi pasti tastenya berbeda. Maklum barang ori dan barang kw pasti ada bedanya kan. Kemudian jika faktor ekonomis menurut saya sih bedanya tidak terlalu signifikan jika Anda sama seperti saya, hanya menggunakan untuk konsumsi sendiri. Namun jika digunakan untuk skala industri atau jualan kecil-kecilan lumayan juga pastinya.

Sebagai gambaran, jika kita membeli krimcis di supermarket merek Yummy atau lainnya kisaran harganya sekitar 30-35 ribu. Jika membuat sendiri, modalnya keju cheddar sekitar 19-22rb jika menggunakan merek Kraft ya. Jika merek lainnya seperti Chizz, Diamond bisa kisaran 16-19 rb saja. Kemudian susu segar dan unsalted butter. Yah barangkali kasarannya jika dirupiahkan modalnya 5rb maksimal. Jadi, modal maksimal 27rb sudah dapat menikmati krimcis.

Kenapa akhirnya saya kesampaian membuat krimcis sendiri ini, karena saking kebelet ingin mem-frosting Carrot Cakedengan krimcis. Dan saat keinginan timbul sudah jam 10 malam, cakenya tengah dipanggang di oven. Sorenya tidak mampir ke supermarket sepulang kantor karena memang niatnya baru muncul setelah makan malam haha. Tengok-tengok kulkas tersedia semua bahan untuk membuat krimcis kw ini akhirnya saya bertekad untuk mengeksekusinya.

Saya tertambat pada resep dari Dapur Solia, sebagai berikut

Resep Cream Cheese KW oleh Shirley
Bahan-bahan:
– 130 ml susu segar
– 125 gr keju cheddar parut
– 40 unsalted butter

Cara membuatnya:
1. Campurkan dalam wadah semua bahannya.

20140526-222513-80713552.jpg
2. Tim selama 5-7 menit
3. Matikan api, diamkan tetap di atas panci tim selama 5-7 menit.
4. Aduk rata dan diamkan dingin dalam suhu ruangan. Dan krimcis kw pun siap di olah.

20140527-094155-34915278.jpg

Selamat mencoba semoga bermanfaat!

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

30 thoughts on “Homemade Cream Cheese Alias Krimcis KW

    • February 26, 2015 at 1:14 pm
      Permalink

      Hai Mbak/Mas Udin, maksudnya seperti merek Blu*eband gitu ya? Sebetulnya itu adalah margarin karena diolah dari minyak nabati (sawit). Tapi memang kita sering salah kaprah mengira bahwa merek itu adalah mentega hehe karena bombardir iklannya mengatakan demikian dari jaman kita kecil ya. Kalau mentega (butter) adalah hasil olahan dari lemak susu.

      Nah, kalau maksudnya adalah itu saya rasa nanti akan rasanya jadi terlalu asin. Saya sendiri belum pernah mencoba hihi.. Jadi belum bisa menjawab pertanyaannya apakah bisa/tidak.

      Semoga membantu ya 🙂

      Reply
      • March 1, 2015 at 2:25 pm
        Permalink

        Mba mau nanya.. Krim cis kW nya ini bisa dipake buat cheese cake ga ya?saya pake krimcis yg merk ditoko2 kue itu,rasanya kurang ngeju.. Mohon sarannya mba.. Makasi

      • March 2, 2015 at 11:20 am
        Permalink

        Hai Mbak Octa. Walah kok malah kebalik ya hihi.. menurut saya lebih ok yang aslinya Mbak daripada yang KW hihihi. Saya belum pernah coba untuk membuat cheese cake dengan krimcis KW ini. Tapi beberapa orang menggunakan ini sebagai pengganti krimcis ori yang lebih mahal. Silakan dicoba ya Mbak.

        Oh ya mengenai cream cheese yang menurut Mbak kurang ngeju, kalau untuk cheese cake coba yang jenis Naufchatel Cream Cheese Mbak kalau menurut saya lebih enak daripada yang krimcis kw hehe.

        Semoga membantu ya.

  • March 7, 2015 at 3:41 pm
    Permalink

    mbak apa cream cheese itu bisa digunakan untuk membuat cheese cake tanpa oven?

    Reply
    • March 7, 2015 at 10:21 pm
      Permalink

      Hai Mbak Hima, sepertinya sih bisa ya. Cuman tekstur dan rasanya mungkin tidak seistimewa yang ori hehehe. Saya sendiri beberapa kali menggunakan ini sebagai frosting

      Reply
  • March 20, 2015 at 10:20 pm
    Permalink

    Simple bgt bahan dan cara pembuatannya. ga ribet ky di website lain. klo mo enak dari rasa menurut saya tinggak ditambahin lbh banyak keju parutnya aja. btw.. thanks mba lily… infonya sangat bermanfaat buat saya khususnya 🙂

    Reply
    • March 21, 2015 at 7:20 am
      Permalink

      Hai Mbak Ria, makasih ya sudah mampir. Senengnya kalau informasinya bermanfaat. Lain kali saya coba dengan menambahkan lebih banyak keju parutnya. Thanks info nya!

      Reply
  • April 1, 2015 at 7:44 am
    Permalink

    mba lili .. ini bisa buat krimcis di jar cake kah? di tim itu di kukus kah? thanks infonya 😀

    Reply
    • April 1, 2015 at 8:52 am
      Permalink

      Hai Mbak Ratih,

      Sayangnya saya belum pernah mencoba krimcis in jar Mbak, jadi maaf saya kurang bisa menjawab. Di tim itu berbeda mbak dengan dikukus, caranya mangkok/wadah untuk mengetim lebih besar dari panci yang berisi air. Jadi, wadahnya ini diletakkan di atas panci yang berisi air. Berbeda dengan dikukus, uap airnya tidak ikut naik/tertahan di bawah. Selamat mencoba!

      Reply
  • May 6, 2015 at 4:14 pm
    Permalink

    susu segar bisa diganti sama uht kah mbak? cari susu segar sulit di kecamatan sy…^^,,

    Reply
    • May 8, 2015 at 8:26 am
      Permalink

      Hai Mbak Itsuki. Bisa saja Mbak, kalau saya biasanya menggunakan susu pasteurisasi. Tapi sih rasanya gak masalah diganti UHT.

      Reply
  • May 20, 2015 at 10:05 pm
    Permalink

    Mbak, setelah di tim itu perlu di kocok dengan mixer lagi atau tidak? Terima kasih infonya ^^

    Reply
    • May 22, 2015 at 9:37 am
      Permalink

      Kalau saya sih gak pake di mixer Mbak. Cukup diaduk-aduk saja setelah di tim. Barangkali kalau di mixer bisa lebih lembut ya..hihi tar kapan-kapan saya coba deh. Thanks ya

      Reply
  • May 25, 2015 at 6:37 pm
    Permalink

    Mba, kalau krim cheese ini bisa untuk frosting nggak mba?

    Reply
  • June 7, 2015 at 10:59 am
    Permalink

    mba sya udh dg rsep lengkap krimcis kw ini, tp ko pnya saya ga mengental saat d tim, malah buternya terpisah mengambang d atas , blh saran nya mba, itu knpa ya

    Reply
    • June 8, 2015 at 8:08 am
      Permalink

      Hai mbak Reisha, barangkali ada uap air/tetesan yang nyelonong ikut masuk? Beberapa kali saya bikin sih mengental ya mbak. Diaduk terus ya apinya kecil saja.

      Reply
  • June 14, 2015 at 3:52 pm
    Permalink

    MbK ini bisa pk chizkek lumer ya?? Anak q doyan bgt soalnya.

    Reply
    • June 18, 2015 at 8:56 pm
      Permalink

      Hai Mbak Fitri, sorry baru balas. Maksudnya gimana? Untuk dibuat cheese cake gitu? Kalau pun bisa, rasanya agak beda dengan menggunakan cream cheese yang original Mbak.

      Reply
  • August 5, 2015 at 8:49 pm
    Permalink

    Maaf kak numpang tanya dari resep diatas bisa jadi berapa ons ya ? Terimakasih

    Reply
    • August 6, 2015 at 5:29 am
      Permalink

      Hai Ismi, thank sudah mampir. Aduh sayangnya setelah jadi saya tidak timbang lagi. Maaf ya kurang membantu ..

      Reply
  • November 12, 2015 at 5:24 am
    Permalink

    Kalo menteganya ada merk mentega yg kayak di Ind*maret nggak? Makasih yaa

    Reply
    • December 3, 2015 at 10:16 am
      Permalink

      Hai Mbak Aletha, sebetulnya yang beredar di Ind*maret (Blu*band, dkk) itu tergolong sebagai margarin mbak. Karena terbuat dari minyak nabati. Kalau mentega terbuat dari lemak hewani (susu). Kalau dari segi rasa pasti lebih gurih dan creamy yang mentega/butter. Tapi kalau mau coba dengan margarin itu juga gak apa mbak, kemungkinan sih akan asin ya karena biasanya rasanya cenderung asin. Terus terang saya sendiri belum pernah coba dengan margarin itu mbak.

      Semoga membantu ya..

      Reply
      • March 9, 2016 at 10:59 pm
        Permalink

        Alhamdulillah pnya aku berhasil.. aku mixer kk biar lbh halus.. aku pkk creamcheseenya buat bikin chesee cake in jar.. mksh kk

      • March 16, 2016 at 12:55 pm
        Permalink

        Waah kereeen… posting dong di instagram colek-colek aku di @cookingasyik

  • July 22, 2017 at 2:30 pm
    Permalink

    Unsalted butter itu apa ya

    Reply
    • July 22, 2017 at 5:59 pm
      Permalink

      Hai Richa, unsalted butter itu mentega yang tidak asin. Beberapa merek yang ada di pasaran diantaranya Anchor, Orchid, Elle & Vire. Meski merek itu juga punya yang salted atau asinnya. Sebagai informasi tambahan, Blueband dll itu adalah margarin bukan mentega. Bedanya margarin adalah olahan minyak nabati (sawit) dan mentega terbuat dari olahan susu. Semoga membantu ya

      Reply
      • September 4, 2017 at 4:45 pm
        Permalink

        Makasih resepnya mbak..bantu banget

      • September 4, 2017 at 5:38 pm
        Permalink

        Sip masama… kunjungi youtube channel Cooking Asyik juga ya untuk resep2 seru lainnya. Salam

Leave a Reply