Smoked Beef Pizza

20140518-122018.jpg

Sejak berhasil membuat pizza sendiri hampir sebulan lalu, saya diserang semacam pizza fever. Satu minggu bisa dua tiga kali membuat pizza. Dan tidak ada bosen-bosennya, untungnya suami saya ini penggemar pizza. Syukurlah, jadi tidak ada komplen dan pasti habis ludes des pizza homemade nya. Untuk melihat resep yang membuat saya kecanduan bisa lihat disini

Eits bukan berarti semua mulus tanpa adegan kegagalan ya hihi.. Ada momen saya diam-diam (lagi-lagi) membuang pizza yang keras dan masih belum matang. Karena keburu lapar saya gak sabar dikeluarkan dari freezer meski sudah lembek namun adonannya masih agak dingin nekad saya panggang. Hiks hasilnya mengecewakan… Don’t try this at home! 🙂

Saya mencoba resep roti Pizza yang lain, dari resepnya Nikmatul Rosidah. Hasilnya lebih crispy dan saya lebih suka roti yang ini dibanding yang pernah saya buat sebelumnya.

20140518-161953.jpg

Resep Pizza by Nikmatul Rosidah

Bahan Roti:
– 600 gr tepung protein tinggi
– 375 air hangat
– 2.5 sdt ragi kering (fermipan)
– 2.5 sdt garam
– 2 sdt bawang putih bubuk (resep asli tidak ada)
– 6 sdm olive oil/minyak sayur

Bahan Saus & Topping:
– bawang bombay
– bawang putih
– tomat
– mix herbs/oregano (daun-daunan kering dalam kemasan wadah plastik, biasanya tersedia di supermarket besar)
– saus spaghetti bolognase
– merica bubuk
– saus cabe dua belibis (setelah mendengar cerita beberapa orang kehebatan rasanya, karena penasaran saya mencarinya. Susah juga dapatnya, akhirnya nemu juga kemasan 1 kg refill. Rasa pedasnya cenderung manis. Cerita kehebatan rasanya rupanya tidak bohong.
– cabe rawit (boleh di skip, karena saya pecinta pedas saya punya stok sambel cabe rawit setan di kulkas. Bumbunya cabe 1/2 kg di blender dengan bawang putih dan minyak sayur. Setelah halus ditumis, tambahkan salam, laos daun sereh, gula pasir dan garam secukupnya. Sambel ini berguna untuk segala macam, bisa untuk mie rebus, nasi goreng, ditambah kecap bisa jadi sambel kecap untuk cocolan tempe goreng. Hehe banyak kan?)
– smoked beef
– keju mozzarella (jika tidak ada bisa menggunakan Kraft Quick Melt)
– keju Kraft Quick Melt untuk pinggiran (optional)

Cara Membuat Roti:

  1. Campurkan ragi dengan air hangat, aduk dan diamkan selama 5 menit.
  2. Dalam wadah besar, campur terigu, garam, bawang putih bubuk, aduk hingga rata.
  3. Buat lubang di tengah, tuangkan olive oil dan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
  4. Tutup dengan plastic wrap atau lap bersih diamkan selama 1 jam hingga mengembang.
    Saya punya cara jitu untuk membuat raginya mengembang. Kadang karena cuaca sedang adem, atau menyalakan ac, adonan tidak bisa mengembang. Karena ragi membutuhkan panas untuk mengembang. Kadang saya memasukkan ke dalam lemari haha…udah gitu lemarinya lemari gantungan baju dan tas, tapi sekarang setelah menemukan cara ini lemarinya akan nganggur.
    Nah caranya, siapkan panci dan rebus air sampai panas. Kemudian simpan wadah tempat adonan di atas panci tersebut. Tutup dengan plastic wrap atau lap bersih. Adonan akan mengembang cantik.

Cara Membuat Saus:
1. Sambil menunggu rotinya siap, mari kita siapkan bahan-bahan untuk membuat saus. Saya biasanya membuat stok saus ini dalam jumlah besar, kurang lebih cukup untuk 2 atau 3 minggu. Disimpan sebagian di kulkas untuk dipakai seminggu, sisanya di freezer. Untuk stok banyak saya menggunakan: 1 bawang bombay utuh, 1 bongkah gede bawang putih (mungkin isinya 20an siung agak kecil),2 buah tomat, saus bolognaise pronas 1/2 bungkus, saus belibis kurang lebih 250 gr. Itu cara saya agar tidak bolak-balik masak saus. Karena saya dan suami juga pecinta spaghetti, saus ini juga kepake untuk membuat spaghetti.
2. Iris bawang bombay. Geprek dan iris bawang putih. Tomat diiris menjadi kotak-kotak kecil.
3. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi. Masukkan tomat, tambahkan air sedikit diamkan hingga tomat agak lunak.
4. Masukkan saus bolognaise, saus sambal. Tambahkan lada bubuk, mix herbs, gula dan garam secukupnya.
5. Masak sampai meletup-letup.

Kali ini saya menggunakan smoked beef, sebelum digunakan dipotong memanjang dan goreng menggunakan margarin agar wangiii..

20140519-071024.jpg

Final Touch:
1. Setelah adonan mengembang, adonan siap diolah. Ambil sebagian adonan bentuk bulat. Di atas meja yang telah ditabur terigu, giling adonan menjadi lembaran bulat.
2. Tusuk-tusuk dengan garpu dan oles dengan olive oli/minyak sayur.
3. Jika pinggirannya mau diisi keju, berikut langkahnya:

20140519-071936.jpg
4. Oles dengan saus, smoked beef, atau mau diisi apa saja terserah selera Anda. Taburi black pepper bubuk, mix herbs. Taburi keju mozzallera.

20140519-072453.jpg
5. Adonan siap dipanggang. Jangan lupa panaskan oven dahulu sebelumnya kurang lebih 15 menit pada suhu 200. Panggang selama 20-25 menit.
6. Pizza siap disantap, jika tidak memiliki pizza cutter seperti saya, gunakan gunting agar hasil potongan rapi.

Bon Apetit!

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

3 thoughts on “Smoked Beef Pizza

  • June 5, 2014 at 2:16 am
    Permalink

    Mbak, aku usul dong. Webnya kan udah bagus bgt nih, biar tambah bagus, kalo bisa di setiap percobaan masak dikasih perkiraan budgetnya.
    Atau kalo ga keberatan repot, tiap bahan yg agak susah dicari disekitar kayak smoked beef, mozarella atau kraftny, oregano, dikasih tau harga dgn ukuran&kebutuhan yg mbak beli. Duh maaf banyak minta, saran kok hehe.

    Kalo begitu pasti jadi keren banget, apalagi buat mahasiswi yg budgetnya terbatas tapi mau makan enak tapi bikinan sendiri biar bisa dipamerin kayak aku, jd bisa siap2 sebelum shopping hehehe :$

    Thank youu banget lhoo kalo mau repot 😀

    Reply
    • June 5, 2014 at 3:18 am
      Permalink

      Hai Amee, makasih ya sudah mampir. Wah hebat masih mahasiswa udah hobby masak. Makasih ya masukannya next post saya tambahin deh perkiraan budget nya untuk masing-masing bahannya.
      Untuk yang di resep ini, untuk smoked beef bisa didapatkan di supermarket besar banyak mereknya. Saya beli yang harganya 35rb an kalau tidak salah, isinya 12 lember kalau tidak salah hihi..soalnya udah lama belinya. Trus untuk mozzarella, saya pakai merek greenfield harganya 36 – 40rb an ukuran 200gr. Beli online ternyata ada yang lebih murah, saya baru beli di Tri Mastercheese coba cari di fb ada harganya 25rb ukuran 250gr. Untuk keju craft quick melt harganya sekitar 30rb an ukuran 180gr. Oregano/Mix herb itu dalam botol plasti tutup ijo kecil gitu, harganya juga murah 9-11 rb an.
      Jangan lupa nanti kalau sudah berhasil bikin sharing-sharing yaaa..
      Semoga membantu ya Amee

      Reply
  • Pingback: Double Cheese Pizza | cookingasyik

Leave a Reply