Roti Isi Kacang Merah

20140418-083927.jpg

Masih penasaran dengan roti, setelah hari minggu mengolah roti dari resep nya Mbak Nikmatul Rosidah, Senin malamnya saya memutuskan membuat roti kacang merah dari resepnya mbak Endang JTT. Resep-resepnya mbak Endang ini juara, selalu jadi referensiku hehe. Kalau mau liat resep aslinya silakan disini

Sepulang dari kantor, langsung aku menuju toko sayur di apartemen dan menemukan kacang merah segar cuman 1 bungkus kecil, gak ada 150 gr. Yah sudah tampaknya harus buat 1/2 resep dulu deh.

Buat dulu adonan rotinya, saat menunggu mengembang selama 1 jam kita buat pasta kacang merahnya.
Belajar dari kesalahan membuat roti sebelumnya, adonan roti tidak mengembang sempurna karena ruangan kurang hangat. Hal ini mempengaruhi kerja ragi. Tadinya saya mau masukin lemari aja haha tapi memancing huru-hara dengan suami. Akhirnya saya taruh di meja belajar kamar, saya tutup plastik wrap, timpa lap bersih dan pintu kamar ditutup. Alhamdulillah sukses mengembang dengan sempurna.

Berikut resep yang saya copas, saya hanya membuat 1/2 dan hasilnya jadi 19 buah roti beratnya 35gr kurang lebih.

Bahan Roti:
– 450 gram tepung terigu protein tinggi + 50 gram untuk taburan meja
– 150 ml air hangat
– 155 ml susu hangat (bisa menggunakan 2 sendok makan susu bubuk yang dilarutkan dengan air hangat)
– 2 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh garam
– 2 sendok teh ragi instant (saya pakai Fermipan)
– 57 gram mentega/margarine dilelehkan
– 250 gram pasta kacang merah (resep dan instruksi pembuatan di bawah)
– 1 sendok teh wijen putih dan 1 sendok teh wijen hitam untuk hiasan (saya menggunakan taburan almond slice)
– 1 butir telur kocok lepas untuk mengoles roti (saya menggunakan olesan susu sebelum memanggang, dan setelah matang dalam keadaan panas saya menggunakan olesan campuran 1 sdm unsalted butter + 1 sdm icing sugar + 1 sdm madu)

Bahan pasta kacang merah:
– 300 gram kacang merah
– 200 gram gula pasir (tambahkan jika kurang manis)
– 1 sendok teh garam
– air untuk merebus
– saya menambahkan 1 sdm coklat bubuk bendsrop biar lebih mantap dan gelap warnanya, bisa disesuaikan ya maunya berapa sdm.

Cara membuat roti:
1. Ayak dan masukkan tepung ke dalam mangkuk, campur dengan ragi , gula pasir dan garam. Aduk rata dengan spatula.
2. Masukkan air dan susu hangat, aduk hingga menjadi adonan kasar.
3. Pindahkan adonan ke meja yang telah ditaburi tepung. Lumuri tangan dengan tepung, karena adonan lengket. Buat lubang di tengahnya masukkan mentega leleh. Uleni, jika dirasa masih terlalu lengket tambahkan sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan halus.
4. Dalam wadah yang telah ditaburi tepung, letakkan adonan yang telah dibulatkan. Tutup dengan plastik wrap/serbet bersih. Simpan selama 1 jam, atau sampai adonan mengembang 2x lipat di ruangan yang hangat. Ciri adonan yang telah cukup mengembang jika ditusuk dengan jati di tengahnya, akan tetap berlubang.

Sambil menunggu adonan mengembang, berikut Cara Membuat Pasta:
1. Cuci bersih kacang merah dan beri air dan masak dengan menggunakan panci presto. Air rebusan pertama dibuang dulu ya. Kurang lebih 30 menit sudah sangat empuk. Jika menggunakan panci biasa 1-1.5 jam hingga empuk jika dipencet dengan tangan sangat lunak.
2. Angkat dan masukkan kacang merah ke blender/food processor. Agar pisau blendernya jalan, tambahkan air sisa rebusan sedikit saja jangan terlalu banyak. Proses sampai benar-benar halus menjadi bubur.
3. Siapkan panci, masukkan bubur kacang merah, gula dan coklat bubuk. Masak dengan api kecil hingga airnya mengering sehingga membentuk pasta yang agak padat agar bisa kita bentuk.
4. Dinginkan dan siap dibentuk bulat-bulat sesuaikan dengan jumlah dan ukuran adonan roti.

Cara Membentuk dan Mengisi Pasta Kacang Merah:
1. Setelah mengembang, di permukaan yang telah ditaburi tepung gilas memanjang dan potong-potong masing2 kurang lebih 50gr atau jika dirasa terlalu kecil bisa disesuaikan dengan selera.

20140418-084422.jpg
2. Bulatkan di tangan, oh ya adonan yang masih antri dibentuk ditutup serbet agar permukaannya tidak kering ya. Pipihkan di meja/tangan jika adonan kecil. Pastikan bagian ujungnya lebih tipis dibanding tengahnya. Masukkan pasta yang telah dibulatkan. Tutup adonan dan ratakan dengan dibukat-bulatkan dengan tangan sampai rapi.
3. Letakkan di wadah/kertas roti yg telah dioles margarin. Tekan hingga gepeng dengan tangan. Agar membentuk bunga, sayat ujung-ujungnya sejumlah delapan sayatan. Penampakannya seperti berikut:

20140418-084846.jpg
4. Olesi dengan susu/kocokan telur, taburi dengan almond slice dan siap dipanggang.
5. Dipanggang selama 15-20 menit menggunakan api atas-bawah pada suhu 180, oven telah dipanaskan 10 menit sekurangnya. Jangan terlalu lama memanggang, bisa mengakibatkan menjadi kering dan keras.
6. Setelah kecoklatan, angkat dan beri olesan butter leleh. Jika tidak diberi olesan permukaan tidak mengkilap. Seperti gambar berikut yang kiri tidak diolea dan yang kanan dioles.

20140418-085449.jpg

Gak sabar, masih panas juga udah dicicipin dan abis dua hahaha..
Enak, lembut wangi butternya menguar memenuhi ruangan. Rupanya suamiku malah gak terlalu suka sama wangi butter, eneg katanya agak amis. Haha ndeso ya..
Next time bikinnya dicampur margarin aja kali ya biar gak terlalu wangi butter.

Tapi sayangnya keesokan harinya meski sudah aku bungkus di plastic zipper dan lap bersih, rotinya agak alot. Saya bawa ke kantor ada kali 10 buah, tapi karena gak pede takut alot gak saya tawarin ke temen-temen sampai jam makan siang masih ada di tas haha. Akhirnya saya mengaku, dan mereka bersenang hati mencicipi dan ternyata komennya: gak alot kok. Malah surprise bisa jadi roti seperti itu dengan tanpa kerja keras haha. Baiknya teman-temanku ini… Hahaha. Mereka gak enak mau komen soalnya pas nawarin saya bilang kalo gak enak dibatin aja ya hahahaha..
Ah tapi enak kok. Yuuk

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

8 thoughts on “Roti Isi Kacang Merah

Leave a Reply