Mau Cronut Cantik dan Tidak Berminyak?

20140409-231657.jpg

Saya menemukan artikel keren yang amat berguna, sebelum membuat cronut di siang pemilu ini. Meski saya sudah membaca artikel keren ini, saya masih belum sukses membuat cronut yang cantik dan oil free *macam produk foundation aja hihi. Tentu saja bukan salah artikelnya, lagi-lagi karena saya yang tidak mengikuti semua tipsnya. Alasannya karena saya tidak punya wajan datar, minyak beku/minyak padat. Saya hanya nyetok olive oil dan minyak sayur biasa. Wah punya daftar must have item lagi nih hihi… Trus yang paling tidak saya lakukan adalah menginapkan adonan. Karena hari ini libur pileg dan besok masuk kerja lagi maka saya bersikeras untuk langsung menggorengnya. Apalagi hasrat ngemil-ngemil cantik tak tertahankan. No wonder hasilnya kurang memuaskan. Meski teksturnya oke, tapi amat sangat berminyak seperti kalau salah pake pelembab atau foundation cair di muka haha. Dipegang gak kesat gitu, ada bekas2 minyaknya gitu.. Uuh syeebeel.
Next time mau coba lagi dengan menerapkan tips di bawah ini.

Kembali ke artikel keren sesuai judul di atas, saya ambil dari artikel di detikfood tulisan Fitria Rahmadianti yang disarikan dari cooking classnya Yongki Gunawan. Berikut tipsnya:

1. Jangan langsung goreng cronut setelah dicetak
Setelah dicetak, cronut tak boleh langsung digoreng karena lapisannya akan terlepas. Simpan dulu di kotak donat yang dimasukkan ke freezer minimal satu malam. Saat akan digoreng, keluarkan dan diamkan di tempat hangat (misalnya dapur) hingga mengembang dua kalinya, baru goreng.

2. Wajan
Gunakan wajan datar dengan dinding yang agak tinggi. Jangan wajan cekung atau wok, agar cronut tidak terendam minyak seluruhnya. Dengan wajan datar ini bentuk cronut akan tetap rata dan warna cronut cantik merata dan tak menyerap terlalu banyak minyak.

3. Minyak
Jangan gunakan minyak sayur biasa untuk menggoreng cronut karena cronut akan menjadi terlalu berminyak. Gunakan minyak beku, minyak padat, atau minyak donat yang dilumerkan dengan api kecil atau sedang. Sebaiknya jangan gunakan untuk lebih dari tiga kali proses pemanasan (dipanaskan, didinginkan, dipanaskan lagi, dst.),

4. Teknik Menggoreng
Hindari teknik deep-frying yang membuat lubang cronut miring atau bentuk cronut jadi tak beraturan. Tuangkan minyak setinggi 1,5 cm dari dasar wajan atau setengah tinggi cronut. Masukkan cronut dengan bagian atas menghadap ke bawah. Goreng cronut selama 1,5 menit, lalu balik dengan stik untuk menggoreng donat dan goreng lagi selama 1,5 menit. Suhu api sekitar 170 C. Cronut tidak boleh dibolak-balik, cukup sekali masak untuk satu sisi.

4. Tiriskan
Angkat cronut yang sudah matang dengan stik donat dan letakkan di wadah datar berlapis paper towel dengan posisi berdiri. Tunggu beberapa saat hingga minyak tiris lalu isi cronut dengan adonan isi.

Wajar kalau hasilnya gorengan saya berminyak. Dari 5 tips yang saya ikutin bener-bener hanya no 5 hahaha …

Semoga bermanfaat ya, dan eksekusi cronut selanjutnya haruuss sukses.

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

One thought on “Mau Cronut Cantik dan Tidak Berminyak?

Leave a Reply