Penaklukan Black Forest Jilid 3, resep dari allrecipes.com

20140309-191545.jpg

Masih penasaran dengan black forest, dan sudah patah semangat dengan resep dari NCC. Mulailah aku brosing lagi resep yang mudah dan telornya gak banyak2 hahaha. Akhirnya pilihan jatuh ke Black Forest Cake allrecipes.com
Suka banget sama web ini, ukuran defaultnya menggunakan cup (standar usa) namun ada pilihan untuk merubah ukuran ke metric (gram dsb) jadi gak harus mikir dan merubah sendiri pake kalkulator hehe. Dan, untuk resep2nya ada beberapa pilihan. Kita bisa pilih resep mana yg kita mau contek berdasarkan rating/stars/popularity. Ada link ke youtubenya juga untuk bbrp resep populer. Aku pilih resep black forest ini karena paling banyak komen dan populer, aku liat di youtube juga mudah caranya hehe.

Resep sebagai berikut:

265 gr tepung al purposed (aku pake tepung Bogasari Kunci Biru Premium)
400 gr gula
65 gr coklat bubuk (aku pake Benstrop)
1 1/2 sendok baking powder
3/4 baking soda (aku skip, krn keselip entah dimana gak ketemu)
3/4 garam
3 butir telur (suhu ruang, jangan lupa biasakan selalu suhu ruang agar hasil cake maksimal)
235 ml susu segar (aku pake Diamond)
120 ml minyak sayur
1 sdt vanilla extract

Isian aku tidak mengikuti resep aslinya, ini versiku ya:
1. Selai dark cherry (kalau resep aslinya dari cherry kalengan yang asam, di rebus dengan airnya ditambah gula dan 2 sdm tepung maizena masak sampai mengental). Kali ini aku puas dengan rasa dan tekstur selainya potongan2 cherry nya kasar. Merek Hero beli di Farmers Market.

20140309-194138.jpg
2. Coklat ganache kocok, sisa ganache yang sebelumnya aku buat untuk cover black forest disimpan di kulkas. Untuk mengetahui cara membuat ganache bisa liat di postingku sebelumnya ganache Keluarkan sampai suhu ruang, aduk/cacah dengan sendok. Kemudian aduk dengan mixer sampai mengembang. Warnanya akan menjadi coklat muda.

Topping:
1. Buah cherry yang ada gagangnya. Yang ini rasanya lumayan gak pengar (apa ya bahasa indonesianya?, semoga paham deh hehe)

20140309-194609.jpg
2. Whipcream mix with buttercream haha. Ceritanya aku rencananya pake whipcream dari dairy, lupa mereknya apa. Yang cair 200 ml. Nah karena mengaduknya kelamaan, akhirnya pecahlah itu. Terpisah lemak dan airnya. Huaaaaa .. Akhirnya aku buat butter cream. Damn, unsalted butter nya gak ada stok. Akhirnya pakai margarin (Blue Band) di campur gula halus. Kan rasanya agak asin2 gimanaa gitu, makanya aku campurkanlah si whipcream gagal itu. Rasanya gurihnya membantu mengurangi keasinan butter creamnya.

Caranya:
1. Panaskan oven di suhu 180 c
2. Siapkan loyang yang telah dioles margarin dan tabur tepung. Gak usah pake kertas roti juga gapapa kok ternyata hehe.
3. Campur semua bahan (jangan lupa selalu ayak tepung, coklat bubuk, baking powder, baking soda jika pakai).
4. Kocok hingga rata, kemudian tuang di loyang dan panggang 30-35 menit atau sampai jika tusuk gigi dimasukkan dan ditarik lagi dalam keadaan bersih.

Awalnya aku bikin 1/2 resep dulu, tapi rupanya entah karena mangkok pengocoknya masih ada residu lemak, atau karena kurang lama ngocok sampai butiran gulanya belum hancur semua haha (aku pake gula pasir bulirnya agak kasar). Alhasil kuenya ngembangnya gak rata, ada gelembung2 gitu di permukaannya. Hikss akhirnya karena gak puas aku bikin lagi 1/2 resep. Kali ini aku pakai gula halus. Daan hasilnya cakeep.

Penyelesannya:
1. Cake bisa dibelah, disesuaikan dengan ketebalannya. Di resep asli adonan menjadi 2 loyang, masing2 di belah 2. 1 layer di hancurkam dan ditempelkan di badan cake yang telah diolesi whip cream.
2. Cake versiku, tidak dibelah (dan aku menyesali keputusan ini karena hasilnya jadi terlalu tebal). Olesi permukaan layer 1 dengan air sirup cherry (bisa skip), olesi ganache coklat dan tambahkan selai cherry hingga menutupi 3/4 bagian permukaan.
3. Tumpuk layer selanjutnya, tutup seluruhnya menggunakan ganache kocok.
4. Hiasi tengah kue dengan potongan dcc.

20140309-201556.jpg
5. Final touch, hias dengan whipcream/butter cream menggunakan pipping bag dengan spuit bunga. Letakkan cherry sebagai pemanis

20140309-201934.jpg

Hasil:

Yeeey after all, ini adalah cake paling layak dan cantik yang berhasil aku buat. Ada beberapa catatan:
1. Akhirnya coklat benstrop membuatku bangga, cake nya beneran black dan rasa coklatnya mantab.
2. Cake layer dasar/pertama gagal alias bantat macam bronis haha.
3. Cake layer atas oke lah, mantap rasa coklatnya.
4. Awalnya aku gak ngeh kalau yang atas enak haha. Kan pertama nyoba dipotong 1 slice (2 lapisan), pas aku gigit hiks kok keras. Rasanya udah mau nangis aja, mana bikinnya sampe jam 1 malam lagi. Hiks.. Aku gak terusin makan. Dan percobaan kali ini aku gak bawa ke kantor haha saling malunya bikin gak sukses2 wakaka. Malamnya suamiku bilang, enak kok yang atasnya aja. Akhirnya dia menemukan ide untuk makan bagian atasaja hahahaha..

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

Leave a Reply