Penaklukan Black Forest Jilid 1

20140309-184606.jpg

Ceritanya pengen bikin black forest yang enak. Brosing sana sini liat komen para member ncc yang sudah buat, akhirnya pilihan jatuh ke resep Black Forest dari Bu Fatwah NCC (Natural Cooking Club).

Aku pakai 1/2 resep dan beberapa bahan aku modifikasi sesuai ketersediaan di dapur. Untuk resep asli bisa lihat di black forest ncc indonesia

Bahan:
4 butir telur
30 gr coklat bubuk (kalau bisa mutu yang baik, karena menentukan hasil dan rasa)
20 gr maizena
50 gr terigu protein rendah/sedang
1/2 sdm emulsifier
50 gr mentega (aku pakai unsalted butter merk elle & vire), lelehkan (resep aslinya 100gr, seharusnya aku pakai 50 saja entah kenapa aku tetap pakai 100gr)
100 gr gula pasir
1/4 sdt vanilla

Hiasan:
200 gr krim kocok (aku pakai whip cream bubuk Haan 100 gr dicampur air dingin 200 ml)
50 gr Dark Cooking Chocolate
10 buah cherry merah (aku gak pake, pakenya selai blueberry)
1 kaleng cherry hitam, saring, pisahkan airnya (aku gak pakai)

Cara membuat:
1. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata. Di resep aslinya pakai 3 loyang, karena aku ovennya kecil dan loyangnya pun satu ukuran 20x20x4 maka aku cumannpake 1 loyang. Siapkan loyang, olesi margarin dan beri taburan tepung. Alasi dengan kertas roti dan oles margarin lagi. Panaskan oven jangan lupa suhu di set di 180 c.
2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental (sampai membentuk jambul petruk).
3. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan butter leleh, aduk rata. Nah di sini nih harus hati-hati, mentega cair akan cenderung turun ke dasar jadi pastikan tercampur rata tidak ada yang tersisa di loyang. Dan mengaduknya pakai teknik aduk balik agar adonan tidak turun. Sayangnya, di proses ini aku belum menguasai aduk balik yang benar hahaha jadi adonan agak turun.
4. Tuang ke dalam loyang, oven hingga matang (180 C, 20-25 menit). Angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan.

Penyelesaian:
1. Dinginkan cake di wire rack, kemudian belah menjadi 2 layer. Teorinya begitu, tapi apa daya gak sabar nunggu dingin, maka anget2 aku belah.

20140309-173908.jpg
2. Olesi dengan selai blueberry kemudian lapisi dengan whip cream. Karena aku masih punya butter cream coklat, aku campur sekalian. Akibat ketidak sabaranku, cake yang masih anget mengakibatkan melelehnya butter cream dan whip cream nya hehe..
3. Tumpuk cake di atasnya kemudian hias dengan whip cream dan potongan dark coklat.

Hasil: kurang moist, kurang nyoklat mungkin karena kualitas coklat bubuknya tidak bagus dan warnanya pun kurang black hehe.

Masih penasaran beberapa hari kemudian aku buat lagi edisi full resep dan frosting yang berbeda.

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

Leave a Reply