Chilled Chocolate Cheese Cake

imageBagi newbie seperti saya, sering menghadapi kegagalan demi kegagalan dalam membuat cake. Cake bantat salah satu cobaan dalam dunia persilatan ini. Ada suatu momen dimana malu membawa hasil percobaan ke kantor berkali-kali, dan saya pun sebetulnya merasa kasian bahwa di depan saya teman2 saya sepertinya tidak sanggup mengatakan sejujurnya apa rasa hasil masakan saya itu hahahaha. Maka, ketika jilid 3 black forest saya jadi tidak saya bawa ke kantor. Karena saya merasa gagal dengan hasilnya yang bantat (rupanya layer bawah saja yang bantat, yang atas sukses. Dan saya belum ngeh bahwa ada secuil kesuksesan di edisi jilid 3 ini)

Suami saya punya cara cerdik , makan dengan cara dicungkilin yang atas saja haha karena yang enak yg atas haha. Kebantu sama topping dark coklatnya enak gitu katanya. Damn.

Akhirnya, tandas juga bagian enaknya tinggal yang bantatnya. Puter akal mau diapain yaa biar gak mubazir dibuang. Brosing sana sini akhirnya aku memutuskan membuat Chilled Chocolate Cheese Cake. Dan misi penyelamatan pun dimulai…..

Resep asli chilled cake ini biasanya menggunakan biskuit, entah oreo, biskuit marie, atau lainnya. Oh ya, resep ini tanpa di panggang ya, hanya didinginkan di lemari pendingin saja. Karena tokoh utamanya adalah cake bantat, maka yang menjadi base nya di sini adalah cake bantat tadi.

Bahan :

  • cake bantat secukupnya (tentunya!)
  • 1 sdm butter cair
  • 1 wadah cream cheese (250 gr)
  • gula halus secukupnya
  • 2 sdm gelatin, secukupnya
  • 6 sdm air

Caranya :

  1. Hancurkan cake bantat kebanggaan, campur dengan butter. Fungsi butter sebetulnya agar memudahkan cake ini dibentuk. Karena base cake ini sudah menggunakan banyak butter jadi sudah cukup berminyak dan ditambah 1sdm butter saja. Jika dirasa masih kurang bisa ditambah lagi.

  2. Tata di dalam wadah sebagai base, ditekan-tekan agar padat. Masukkan ke dalam kulkas.

  3. Campur dalam wadah cream cheese dan gula halus mixer hingga tercampur rata.

  4. Campur gelatin dengan air panas, aduk-aduk hingga rata. Campurkan ke dalam adonan cream cheese dan aduk hingga tercampur.

  5. Keluarkan cake dari kulkas, tuang dan oleskan seluruh cream cheese ratakan dan masukkan lagi ke dalam kulkas.

Keesokan harinya, cake sudah bisa dinikmati. Hasilnya: rasanya seperti jenang kata suami haha! Untungnya dia suka jenang jadi terselamatkanlah cake itu, meski toppingnya tidak suka.

Note: resep ini bisa dicoba jika Anda betul-betul sudah putus asa menyelamatkan cake bantat. Ada juga jurus penyelamat lainnya yaitu dibuat cake pop, bisa dilihat disini.

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

4 thoughts on “Chilled Chocolate Cheese Cake

  • July 31, 2015 at 9:51 pm
    Permalink

    suka ketawa sendiri baca ceritanya
    mbak lily…terhibur sambil bs belajar jg manfaatin cake bantet

    Reply
    • August 1, 2015 at 7:09 pm
      Permalink

      Hihi jadi wanita penghibur nih 🙂

      Reply
  • December 5, 2015 at 10:19 pm
    Permalink

    Cream cheese yg digunakan merek apa, mbak?

    Reply
    • December 7, 2015 at 2:35 pm
      Permalink

      Seringnya pake yang yummy mbak. atau mana yang lagi promo di supermarket hahaha

      Reply

Leave a Reply