Resep Lasagna Super Mudah

20140201-115809.jpgDari sejak belum punya oven udah bercita-cita pengen buat lasagna. Terutama gara-gara liat postingan Rahma temenku yang berhasil buat sendiri. Tx nyai!

Akhirnya nemu resep paling simple dan mudah dari seerika.wordpress.com makasih mbak resepnya ok banget, sangat simple. Aku sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur, so here it is.

Bahan-bahan:

2 bungkus kornet sapi yang kemasan 50g. Aku selalu nyetok ini karena praktis dan bisa dipake langsung abis tanpa harus simpan sisa di kulkas. Favoritku merek Pronas yang chili. Penampakannya

20140201-105355.jpg

Kulit lumpia, tergantung besaran wadahnya. Untuk satu layer menggunakan 4-5 lembar kulit lumpia. Aku pakai 3 layer, kurang lebih 15 lembar kulit lumpia. Keluarkan kulit lumpia dari freezer, kalau sudah tidak beku, dalam keadaan dingin bisa diambil ya. Sekali ambil langsung segepok 5 lembaran itu ya, atau sesuai selera deh biar gak misah misah. Yang aku pakai

20140201-105406.jpg

1 buah tomat segar (karena adanya cuman satu hihi) dipotong dadu kecil-kecil

Saos bolognaise kemasan, secukupnya bisa pake merek apa saja. Kebetulan aku pake merek Pronas, baru nyobain. Menurutku rasa tomatnya kurang tajam, tapi isian daging cincangnya lebih banyak daripada La Fonte.

Saos tomat secukupnya
Chili sauce (jika suka) secukupnya

Cooking cream bisa merek apa saja, aku pake Anchor UHT whipping cream. Karena kemarin gagal buat topping pastry puff, belum punya mixer haha. Karena kadung kebuka jadi harus dipakai, daripada basi. Tenaang rasanya gak manis kok, aku udah brosing sana sini ternyata memang hampir sama dengan cooking cream. Hihi

Keju quick melt parut sesuai selera, sebagian di campur untuk saus sebagian jadi taburan.

Mozzarella untuk topping aku pakai yang ini, yang paling murah haha 40rb di C4

20140201-105418.jpg

Blackpepper secukupnya
Basil,oregano leaves
Bawang bombay sesuai selera
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya
Air secukupnya
Olive oil secukupnya untuk menumis

Caranya:

  1. Panaskan pan, masukkan olive oil kurang lebih 2 sdm goreng kornet. Jika sudah agak beyek2 gitu, masukkan bawang bombay & bawang putih. Tumis sampai layu dan harum.
  2. Masukkan tomat cincang, saos bolognaise, saos tomat secukupnya tambahkan air secukupnya sampai mendididih.
  3. Kecilkan api, masukkan cooking cream, oregano, basil, black pepper, masukkan keju aduk sampai meleleh. Jika suka pedas tambahkan chilli sauce. Jangan lupa garam dan gula pasir y 1/2 sdt aja biar sedap.
  4. Panaskan oven dalam suhu 200 derajat.
  5. Tata di pinggan anti panas, lapisan paling dasar saus dulu, letakkan 4 lembar kulit lumpia timpa lagi dengan saus kulit lumpia lagi. Begitu seterusnha sampai habis. Bahian dasar dan atas harus saus ya, gunanya untuk memasak kulit lumpianya.
  6. Setelah selesai, taburi dengan keju parut quick melt dan mozzarella. Penampakannya begini

20140201-115352.jpg

  1. Panggang selama 10-15 menit atau sampai keju di atasnya meleleh. Setelah matang, diamkan dulu kurang lebih 5-10 menit agar tidak terlalu berminyak.

Selamat mencoba…

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

9 thoughts on “Resep Lasagna Super Mudah

Leave a Reply