Triple choco muffin kukus #edisi1

20140119-064907.jpg

Awalnya pengen buat muffin. Tapi belum punya oven. Udah sekian lama ngidam beli oven listrik. Sama suami selalu gak boleh, alasannya “ah palingan dipake cuman sekali juga”. Huhu emang sih selama ini seringnya moody ketika melakukan sesuatu. Tapi tentang oven listrik ini, aku akan membuktikan bahwa aku layak mendapatkannya hahahaha..

Singkat cerita, karena belum punya oven dan juga mixer haha aku browsing berbagai macam resep yang tanpa menggunakan itu hihi.. Akhirnya nemu lah resep muffin coklat kukus di sini www.griyakuliner.com
Aku pengen bikin triple coklat, jadi aku tambahin coklat bubuk dan coklat batangan yang dilelehkan dari resep di web yang sama.

Biar gampang aku salinkan resepnya:

Bahan:
60 g margarin, lelehkan
50 ml susu cair
1 butir telur
75 g gula pasir
100 g tepung terigu
15 g coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue (saat pertama buat, gak pake ini krn nyelip entah dimana. Gak mengembang entah karena ini atau faktor lain hehe)

Tambahan:
1. coklat batangan yang dilelehkan, dicampur adonan lain barengan dengan mentega.
Aku nyairinnya barengan ama mentega, entah mempengaruhi hasil atau tidak cuman edisi 1 ini bisa dikatakan gak sukses haha
2. Chocochip, dicampur di adonan basah dan sebagai topping sebelum masuk kukusan.

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan soda kue. Aduk rata, sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang kurang lebih 10 menit.
3. Masukkan susu cair dan campuran tepung terigu secara bergantian sambil diaduk perlahan.
4. Tuang margarin leleh, aduk hingga rata.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin yang telah dialas kertas cup hingga penuh.
6. Panaskan kukusan, kukus adonan muffin selama 20 menit dengan api besar hingga matang.
7. Angkat, keluarkan dari cetakan, sajikan.

Nah, sialnya aku gak punya timbangan kan (haha gak niat banget ya). Jadi aku browsing sana sini nyari konversi cup ke gram. Cuman karena cup nya juga bukan cup measurement yang buat masak itu, aku pake cup dari rice cooker hahaha jadi hasilnya gak akurat.

Kegagalan edisi 1 ini:
1. Adonan tidak ditimbang
2. Papercup nya salah, adanya cuman papercup yang jadi alas kalau kita makan kroket itu lhoo. Hasilnya, gak berbentuk mleber..
3. Saat dikukus, karena kepo pengen liat penampakannya saat dimasak aku ganti tutup panci kukusannya pake tutup panci lain yang dari kaca. Cuman uapnya banyak merembes keluar.. Hihi sepertinya ini juga yang membuat gak sukses.
4. Gak pake baking soda sesuai resep (punya, tapi males nyari keselip dimana)
5. Rasanya menurutku enak, karena bikin sendiri kali ya

Oh ya, resep ini jadinya 6 buah. Tapi itu gak standard kayanya ya, karena wadahnya juga gak bener.

Komen suami: rasanya kayak apem hahahaha

Akhirnya sore harinya aku memutuskan beli timbangan kue dan coba buat lagi habis maghrib. Tadinya mau ke carefour Cipinang Indah Mall, lumayan deket rumah. Ternyata jalan ke sana kena banjir, ada genangan lumayan dalam, karena naik vespa maka kami balik arah. Akhirnya ke Giant. Dapet timbangan, nyari papercup muffin gak nemu adanya yang dari aluminium foil. Ah daripada gak ada hehe..

Lily Nurlita Mohamad

Pekerja kantoran yang baru belajar memasak. Setiap kekacauan atau keindahan yang terjadi di dapur saya selalu menjadi hal yang mengasyikkan bagi saya. Tinggal di hiruk-pikuk Jakarta, memasak adalah salah satu momen refreshing yang selalu saya rindukan.

Leave a Reply